Teknologi

Kini Kartu Tani Bisa Diakses Melalui HP

BUpati Dairi bersama Pimp. BNI Kabanjahe memperkenalkan digitalisasi kartu tani

Sidikalang- Dairi Pers : Penyempurnaan kartu tani yang dapat diakses secara digital diluncurkan pemkab Dairi dan BNI wilayah Sumut Rabu (4/3) di kantor Bupati Dairi. Aplikasi yang memudahkan  monitoring dan evaluasi terhadap penyaluran pupuk bersubsidi ini diperkenalkan langsung  Pimpinan BNI Cabang Kabanjahe Togy Simamora hadir bersama dengan jajarannya. Aplikasi ini merupakan permintaan DR Eddy Berutu kepada BNI saat mengunjungi Kantor Wilayah BNI Sumut pada tanggal 30 Januari silam.

Menyikapi hal itu  Bank Nasional Indonesia (BNI) Cabang Kabanjahe menindaklanjuti  menyampaikan permintana dimaksud Rabu (4/3) . Turut mendampingi Bupati Dairi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Charles Bancin, Plt. Kepala Dinas Pertanian Bintoha Angkat, Plt. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Rahmat Syah Munthe, 

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan keinginan besar dari Pemerintah Kabupaten Dairi adalah untuk bisa memastikan bahwa fasilitas yang diberikan oleh negara tepat pada sasarannya. Untuk memastikan hal tersebut dikatakan tidaklah menjadi pekerjaan yang mudah dan membutuhkan komitmen yang besar dari berbagai kalangan stakeholders.

“Kita mulai dengan menerbitkan Kartu Tani dimana identifikasi para petani  atas haknya akan pupuk subsidi dengan jumlah kuotanya yang dilakukan verifikasi langsung melalui teknologi perbankan. Ini yang sedang kita lakukan dan tim kerja yang ada di Kabupaten Dairi punya semangat yang sama agar para petani kita bisa mendapatkan jatah dan bisa mendapatkan subsidi yang sesungguhnya,” sebutnya

Agar pelaksanaan kartu tani ini dapat terlaksana dengan baik maka diperlukan sistem dan infrastruktur dukungan. Kini aplikasi telah ada dan  disampaikan  ucapan terimakasih bahwa sistem digitalisasi mulai dari dashboard atau laporan secara digital yang diperlukan untuk mendukung kartu tani ini telah ada.

Bupati  berharap dengan sistem ini distributor dan kios akan dapat lebih baik dalam penyaluran pupuk subsidi tepat sasaran. Diutarakan masih banyak hal yang harus dilaksanakan yang pada akhirnya Pemerintah Kabupaten Dairi dan BNI Cabang Kabanjahe bertekad agar manfaat sebesar besarnya untuk para petani, produktivitas para petani dan kesejahteraan para petani dapat terwujud dengan adanya Kartu Tani.

Pimpinan BNI Cabang Kabanjahe dalam pertemuan ini menyampaikan  telah melakukan update terkait proses perkembangan penerapan dan implementasi Kartu Tani sebagai upaya penerapan digitalisasi pertanian 4.0 yang telah dilakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Dairi. Diakui  ada beberapa hal yang telah diupdate terkait dengan digitalisasi mulai dari dashboard atau laporan secara digital dan perkembangan dari progress Kartu Tani yang telah dibagikan.

Dengan jalinan kerjasama yang ada  dapat  meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dikalangan para petani melalui Kartu Tani ini benar-benar bisa diimplementasikan karena akan memberikan dampak yang cukup signifikan terutama bagi peningkatan kemampuan kapasitas petani di era digital 4.0 saat ini.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pertanian Dairi Bintoha Angkat menyampaikan sistim digital ini akan memudahkan monitoring. perubahan jaman dan tekhnologi juga sudah masuk ke dunia pertanian. Tehnologi tentunya akan memudahkan monitoring  dan pengawasan. “ Bupati kepada kami selalu berpesan agar semua bantuan pemerintah bidang pertanian harus tepat sasaran. Dengan banyaknya kelompok tani dan puluhan ribu kartu tani tentunya harus diimbangi dengan  era digital sehingga mudah dalam pengawasan, Ujarnya (Hen)