Politik

Ketua DPRD Dairi Sabam Atau Depri ?

Depriwanto Sitohang – Sabam Sibarani

Sidikalang- Dairi Pers : Kurang dari 3 Bulan DPRD Dairi periode 2019-2024 akan dilantik. Partai golkar menjadi partai berhak menentukan kadernya menjadi ketua DPRD Dairi. Perebutan siapa menjadi ketua DPRD Dairi menjadi menarik karena Sabam Sibarani dan Depriwanto Sitohang menjadi kader partai golkar dengan perolehan suara terbanyak. Semakin menarik jika kemungkinan Depriwanto Sitohang yang dipercayakan akan berjumpa kembali dengan DR Eddy Berutu yang mengalahkannya dalam pilkada juni 2018. Lantas siapa ketua DPRD Dairi oktober tahun ini?

Data yang dikumpulkan Dairi Pers menyebutkan Partai golkar menjadi partai yang tidak tertandingi dengan kekuatan 9 kursi di DPRD Dairi hasil pileg 2019.  Sabam Sibarani yang kini menjabat sebagai ketua DPRD Dairi diketahui mempunyai perolehan suara tertinggi . Berada di bawahnya Depriwanto Sitohang yang merupakan anak kandung ketua DPD Partai Golkar Dairi Johnny Sitohang.

Sementara itu informasi yang berhasil dikumpulkan Dairi Pers menyebutkan mekanisme penentuan siapa kader yang dipercayakan menjabat posisi di kursi DPRD harus mendapat persetujuan tertulis ketua umum dan sekretaris umum Partai Golkar.

Berkaitan dengan mekanisme dan metode yang digunakan dalam penentuan kader untuk posisi di dewan ditentukan secara intern partai tersebut. Kondisi tersebut diperkirakan akan membuat persaingan antara Sabam Sibarani dan Depriwanto Sitohang untuk kursi ketua DPRD Dairi sedikit memanas.

Sabam Sibarani dinilai mempunyai keunggulan sebagai kader lama dengan posisi strategis  sebagai sekretaris DPD Partai Golkar Dairi. Namun demikian Depriwanto Sitohang juga tidak bisa dianggap ringan karena orang tuanya Johnny Sitohang menjabat ketua Partai Golkar Dairi.  Johnny dikenal cukup berpengaruh di partai beringin di tingkat nasional. Sementara usulan nama calon Ketua DPRD daerah sesuai mekansime harus mendapat tanda tangan ketua dan sekretaris DPD partai di daerah.

Vital

Dari berbagai pendapat yang berhasil dikumpulkan Dairi Pers menyebutkan penetapan partai Golkar untuk kursi ketua DPRD Dairi antara Sabam Sibarani dan Depriwanto Sitohang akan sangat menentukan perjalanan kabupaten Dairi berikutnya. Pasalnya DPRD sebagai penguasa legislatif sangat menentukan berbagai kebijakan pemerintah. Meski keputusan DPRD berdasar suara terbanyak namun posisi pimpinan dewan sangat menentukan secara tekhnis kebijakan pemerintah.

Jika Partai Golkar merekomendasikan nama Sabam Sibarani sebagai ketua DPRD Dairi maka diperkirakan pemerintahan Eddy Jimmy relatif lebih kondusif dalam bermitra dengan dewan berkaitan dengan hak kontrol dewan. Namun hal itu diperkirakan akan berbeda ketika ketua DPRD Dairi dijabat Depriwanto Sitohang.  Calon Bupati Dairi juni 2018 itu mempunyai kisah persaingan heroik dengan Eddy Berutu dalam persaingan tahun 2018. Kondisi itu diperkirakan sangat berpengaruh terhadap eksekutif yang kini “diawaki” Eddy- Jimmy.

Namun demikin ada juga berpendapat meski kursi Ketua DPRD Dairi dari Partai Golkar tidak akan terlalu berpengaruh pada pemerintahan Eddy Jimmy. Pendapat itu dikaitkan dengan sejumlah caleg terpilih dari partai Golkar diketahui suami atau istrinya justru ASN dilingkungan pemkab Dairi.

Posisi itu diperkirakan bisa menjadi “posisi tawar” bagi eksekutif yang berdampak rasa kecewa yang mungkin ada pasca kekalahan pilkada silam sulit “ditumpangkan” untuk menekan pemerintahan Eddy Jimmy.

Disamping itu dengan kekuatan 9 kursi Partai Golkar dari 35 kursi dewan yang ada juga diperkirakan tidak bisa berbuat banyak meskipun jika Partai Golkar merekomendasikan Depriwanto Sitohang sebagai Ketua DPRD Dairi.

Bukan itu saja wacana siapa yang akan menjadi ketua Partai Golkar Kabupaten Dairi juga tengah diwacanakan untuk menggantikan Johnny Sitohang yang sudah menjabat tiga periode. (Hen)