Politik

Ketua DPRD Dairi, Hanya 2 Nama Tiba di Jakarta

Ilustrasi

Sidikalang- Dairi Pers : Tahapan penentuan siapa yang menjadi ketua DPRD Dairi memasuki masa menegangkan. Aksi saling klaim dari para pendukung nama dalam internal partai berlambang beringin itu juga terus terjadi di level lokal. Namun demikian disebutkan dari tiga nama yang diusulkan dari DPD Partai golkar Dairi hanya dua nama akhirnya sampai ke DPP Partai golkar di Slipi yang akan dibahas menjadi pilihan partai golkar untuk kursi ketua DPRD Dairi.

Informasi yang berhasil dikumpulkan Dairi Pers dari sumber sabtu (7/9) kemarin menyebutkan kalau dari tiga nama usulan hasil rapat DPD Golkar Dairi yakni Sabam Sibarani, Depriwanto Sitohang dan Johanson Manik  ternyata dari DPD Golkar Sumut hanya dua nama diusulkan ke DPP Partai Golkar. Dari tiga nama itu justru yang akhirnya gagal diusulkan ke pusat adalah vigur yang paling dijagokan banyak pihak selama ini.

Agaknya informasi akhirnya hanya dua nama dimajukan dan satu nama tidak diloloskan DPD Golkar Sumut itu benar adanya. Pasalnya di level lokal Dairi hampir seluruhnya mengetahui hanya dua nama dimajukan. Namun demikian informasi siapa nama yang dicoret semua berbeda. Pendukung masing masing kandidat menuding kalau “jagoannya” yang dimajukan dan tidak dicoreng. Nama yang dicoreng justru kandidat lain tanpa bisa menunjukkan bukti tertulisnya.

Masih dari informasi yang dikumpulkan Dairi Pers menyebutkan isu yang beredar kalau nama Nama Sabam Sibarani adalah nama yang dicoreng sehingga kini yang bertarung nama Depriwanto dan Johanson Manik saja. Namun isu lain juga berkembang justru nama Depriwanto yang digagalkan dari dua nama yang dimajukan Propinsi. Nama yang maju justru Johanson manik dan Sabam Saja. Namun isu lainnnya justru menyebut nama Johanson Manik yang dicoret sehingga yang kini bersaing di DPD Golkar Pusat adalah Sabam Sibarani dan Depriwanto Sitohang.

Sementara itu hingga kini belum jelas siapa sesungguhnya dua nama yang dimajukan untuk kursi ketua DPRD Dairi tersebut dari partai Golkar. Surat rekomendasi dari partai beringin itu belum juga keluar. Sementara itu sejumlah pihak yang coba dikonfirmasi Dairi Pers termasuk ketua DPD Golkar Sumut Doli Tanjung enggan memberikan komentar.

Mekanisme Partai

Sementara itu berkaitan dengan mekanisme partai dalam menentukan siapa nama yang direkomendasikan partai untuk menduduki jabatan pimpinan DPRD berbeda diantara partai. Sebelumnya partai Golkar tahun 2009 s/d 2014 menetapkan mekanisme yang dianut yakni kader yang dimajukan menjadi pimpinan DPRD mempunyai syarat pernah menjadi anggota DPRD periode sebelumnya. Syarat kedua yakni perolehan suara terbesar antar caleg. Tahun tersebut Delphi M Ujung akhirnya direkomendasikan menjadi ketua DPRD Dairi setelah pertarungan panjang dengan Leonard Samosir yang sebelumnya menjabat ketua DPRD Dairi.

Namun demikian hingga kini belum diketahui syarat kandidat yang menjadi  mekanisme intern Partai Golkar dalam pemilihan kader yang akhirnya direkomendasi menjadi pimpinan DPRD di daerah.

Kendati demikian disebutkan pertarungan nama untuk perebutan kursi ketua DPRD Dairi di DPP Partai Golkar tengah berlangsung sengit . Ketiga nama disebut sebut masuk dan menjadi bahasan DPP Golkar.

Diperkirakan awal oktober 2019 nama resmi yang direkomendasi DPP Partai Golkar sudah final. Namun demikian jika belum juga rampung maka bisa saja rekomendasi tertunda beberapa hari . (Hen)

Tentang Penulis

Hendrik Situmeang

Tambah Komentar

Klik disini untuk memberikan komentar