Peristiwa

Keterangan RSU Sidikalang Meninggalnya Bayi Amelia

Dirut RSUD Sidikalang dr Henry Manik

Sidikalang- Dairi Pers : Meninggalnya bayi Amelia Putri Pinem di Rumah Sakit Umum Sidikalang tadi malam disampaikan Direktur RSU Dairi dr Henry Manik sangat disesalkan. Belasungkawa disampaikan kepada keluarga yang ditinggalkan .

Menjawab konfrimasi Dairi Pers sekaitan dengan peristwa yang sudah viral di media Massa itu dikatakan dr Hendri Manik sejumlah pihak juga telah mempertanyakan hal itu kepadanya. Berikut jawaban tertulis klarifikasi dirut RSUD Dairi dr Henry Manik kepada Dairi Pers

Klonologis kejadian pasien atas nama : AP Umur  8 bulan Jenis kelamin .  perempuan . Pasien datang ke Rsu Dairi Jumat (22/3)  pukul 15.15 wib dengan keluhan mencet 5 hari lebih dari 10 x/hr dan demam. Pasien sebelumnya sudah berobat ke praktek dokter umum dan bidan.

Pemeriksaan : Demam 39 derajat celcius Dehidrasi dan sesak nafas Diberi therapi. Jam 19.00 Pasien dikirim ke ruangan. Jam 20.00 dokter spesialis anak selesai memeriksa pasien di ruangan dan pasien dianjurkan untuk dirujuk Tetapi pihak keluarga masih berunding.

Jam 21.00 perawat menanya kembali kepada keluarga bahwa pasien akan dirujuk tetapi belum ada keputusan. Kondisi pasien semakin memburuk. Jam 21.30 keluarga akhirnya bersedia pasien tersebut dirujuk dan menyelesaikan administrasi RS.

Ambulans RS sedang dalam perjalanan merujuk pasien pasien  lain, maka dihubungi ambulans puskesmas batang beruh dan segera datang. Perawat menghubungi beberapa RS rujukan untuk konfirmasi tetapi hanya RS Bina Kasih Medan bersedia menerima rujukan pasien tersebut.

Jam 22.00  ambulans Puskesmas Batang Beruh datang ke RSUD dan pasien siap-siap berangkat. Jam 22.30 ambulans dengan pasien didampingi perawat akan berangkat. Sebelum berangkat di dalam ambulans tiba iba pasien henti nafas dan pasien kembali dibawa ke ruangan.

Di dalam ruangan dilakukan pertolongan oleh dokter jaga. Sesudah dilakukan pertolongan tetapi pasien tidak respon dan meninggal pada jam 22.45 Wib

 Sebagaimana diketahui meninggalnya bayi Amelia Putri Pinem terjadi tadi malam di Rumah Sakit Umum Sidikalang. Keluarga yang malang itu mengunggah vidio detik detik balita itu meninggal hingga menjadi viral di medsos.

Sementara itu data yang dikumpulkan Dairi Pers  Bayi Amelia Putri merupakan anak pertama dan satu satunya  dari pasangan Robby CantonaPinem dan ibunda Endang Susi Maria Nababan bertempat tinggal di perumnas Panji Dabutar, Sitinjo, Kabupaten Dairi.

Ayahanda Amelia sehari harinya bekerja di tukang mas kota sidikalng sedang ibunda Br Nababan merupakan honorer di SMPN 2 Sidikalang.

Bayi Amelia  te;lah dikuburkan di tigalingga sabtu (23/3) pagi ini. (hen)