Pariwisata

Keren… Bupati Dairi Bergabung dengan 5000 Traveler Seribu Tenda

Bupati Dairi DR Eddy Berutu bersama Nt Romy Mariani diantara seribu tenda Tao Silalahi

Silalahi- Dairi Pers : Even Tao Silalahi Art Festival 2019 Sabtu (8/9) di Desa Silalahi III, kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi terasa istimewa atas kehadiran orang nomor satu kabupaten Dairi DR Eddy Kelenhg Berutu didampingi Ibu Ny. Romy Mariani. Keren…Ini kali pertama seorang Bupati Dairi langsung hadir dan bergabung dengan ribuan traveler tenda. Acara dikemas  tampil beda hingga mendaulat Bupati dan Ibu melantunkan lagu menghibur ribuan traveler. Pelaksanaan Tao Silalahi Art Festival 2019 ini di isi dengan kegiatan malam festival budaya dengan menampilkan Aceh Culture dan kolaborasi para seniman serta music cross culture.

Bupati Dairi dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi saat tiba di sambut dengan tarian tradisional oleh sanggar tari Aek Nauli dan sanggar tari Gracia serta dari organisasi Wajah Masyarakat Dairi (Wamada). Selain itu, Bupati Dairi juga membagikan bibit pohon macadamia (mekademia) kepada masyarakat Silahisabungan dan menanam secara bersama bibit pohon tersebut di lokasi tempat acara berlangsung.

Suasana santai lepas dari aturan protokoler justru terlihat ketika Bupati dan ketua TP PKK Dairi turun  dan manortor bersama dengan para traveler yang hadir dalam event tersebut. Suasana gembiran terlihat dari semua penari dan traveler yang ikut turun bergabung.

Bupati Dairi DR Eddy Berutu dalam arahannya  mengakui  acara tersebut  sangat spesial dan khas karena hadirnya dari komunitas dan untuk komunitas, terasa begitu bebas dan seluruhnya dapat berpartisipasi. seluruhnya menyatu dengan alam, bersaudara dari berbagai tempat dan budaya

Kebersamaan dalam bingkai rasa persatuan dan kesatuan yang mengikat persaudaraan sangat terasa dalam kegiatan ini. Bupati berharap semua bersatu untuk melestarikan alam yang demikian indah telah di anugerahkan Tuhan kepada masyarakat Dairi.

Penanaman pohon  macadamia, membersihkan sampah di sekitar kawasan tao silalahi serta menikmati alam secara teratur dengan kegiatan 1.000 tenda merupakan salah satu bagian dari rasa syukur dan melestarikan alam. Sebut Bupati.

Kepada panitia bupati berharap kegiatan Tao Silalahi Art Festival terus berlangsung secara berkesinambungan dan memberi motivasi serta inspirasi bagi anak-anak muda Dairi khususnya anak muda Silahisabungan dan kepada seluruh anak muda Indonesia pada umumnya, tambahnya

Bupati menyampaikan Pemerintah Kabupaten Dairi sedang berupaya keras untuk mempersiapkan tenun Ulos Silahisabungan untuk dijadikan sebagai souvenir kepada seluruh wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan tao silalahi. Para penenun Ulos di Silahisabungan sedang di latih untuk menenun ulos dengan kualitas baik dan internasional.

“Ulos selama ini dipergunakan untuk keperluan adat, namun untuk kali ini dengan menggunakan bahan-bahan alami yang berasal dari Silahisabungan untuk dijadikan sebagai bahan souvenir,” jelasnya. Ulos dari Silahisabungan tersebut juga nantinya akan di bawa ke pameran di Belgia pada Oktober 2019 dan nantinya Ulos tersebut yang sudah dijadikan baju oleh para penenun akan di pakai dalam ajang fashion show.

DR Eddy Berutu menyebutkan komitment pemkab Dairi dalam menciptakan Dairi unggul bidang pariwisata diantaranya mengangkat potensi wisata Tao Silalahi maupun tempat tempat wisata lainnya yang ada di Dairi.

“Untuk tahun ini dan tahun 2020 mendatang pemerintah daerah dan pemerintah pusat akan berusaha bergadengan tangan untuk membangun infrastruktur seperti pembangunan dermaga pariwisata yang akan selesai pada desember nanti. Tahun berikutnya akan kembali dibangun dermaga untuk pengangkutan barang di tao silalahi ini” sebutnya.

Direktur Rumah Karya Indonesia Ojax Manalu mengatakan dari hasil data yang di dapatkan dari panitia bahwa pada hari ke dua pelaksanaan Tao Silalahi Art Festival 2019, Sabtu (8/9) jumlah peserta traveler yang hadir sebanyak 5 ribu orang lebih. Untuk Tahun depan ditargetkan jumlah peserta yang akan menghadiri kegiatan tersebut adalah sebanyak 25.000 orang. (Hen)