Hukum

Kepsek SD Batangari Diadukan Gurunya Ke Bupati Dairi

SD 030336 Batangari

Sidikalang-Dairi Pers : 7 dari sepuluh guru SD 030336 Batangari kecamatan Sumbul Pegagan Kabupaten Dairi mengadukan oknum kepala sekolahnya Esti Sinurat kepada Bupati Dairi tertanggal 4 Agustus 2020. Surat pernyataan 7 guru dari sekolah itu membongkar kebobrokan sekolah dan berharap Bupati Dairi DR Eddy Berutu memperhatikan nasib sekolah tersebut.

Tujuh guru yang mencantumkan tanda tangan pengaduannya Ramot Bintang ,Murni Silaban, Budi Matanari, Maruba Simbolon, dan Dewi Sitorus  masing masing guru kelas Roida Naibaho dan eva noviana Naibaho merupakan Guru agama Kristen. Surat yang ditandatangani ke tujuh guru itu tertanggal 4 Agustus 2020 yang memuat masalah dalam pengelolaan sekolah dan harapan kepada Bupati Dairi agar sekolah tersebut diperhatikan agar tidak semakin bermasalah. .

Dalam surat tertulis tersebut diuraikan bahwa oknum kepala sekolah SD 030336 Batangari  sejak dilantik sangat jarang masuk sekolah, Tidak memenuhi kebutuhan pokok sekolah seperti buku, ATK mobiler, kertas printer laptop dll. Ruang belajar sama sekali tidak terkunci karena tidak ada kunci, toilet yang dibangun 2019 tidak difungsikan, tidak pernah berkordinasi dengan guru guru, tidak menerapkan aturan disiplin sekolah berupa jam masuk dan keluar,  Penggunaan dana BOS tidak pernah melibatkan guru serta sejumlah pelanggaran lainnya.

Kondisi tersebut dikatakan mereka membuat guru tidak nyaman karena tidak mengayomi guru. Pola demikian disebutkan berdampak pada gangguan belajar siswa .  Masa covid 19 yang tengah terjadi dimana sekolah melalui daring  tidak jelas keberadaannya.

Dalam suratnya kepada Bupati Dairi meminta agar memberikan perhatian sekolah ini karena jumlah siswanya sekitar 130 orang.  Dengan jumlah demikian sesungguhnya dibutuhkan pengelolaan pendidikan lebih terencana dengan baik,  terarah dan jelas manajemen pengelolaannya.

Namun disebutkan hal itu tidak pernah dilakukan oknum kepsek Esti Sinurat  sehingga pola belajar mengajar sangat tidak nyaman.  Sementara itu pengakuan Bendahara BOS sekolah E. Naibaho  (Tahun 2020) dan R . Bintang  (tahun 2019) kalau oknum kepsek Esti Sinurat  usai mencairkan dana BOS hanya menyerahkan Rp. 400 ribu kepada mereka dan tidak diketahui uang apa yang dterima.

Kepada Dairi Pers selasa (4/8) di SD 030336 Batang air ke 7 guru sekolah tersebut menyampaikan hal itu mereka lakukan karena sudah tidak tahan dengan pengelolaan oknum kepala sekolah. Para guru ini menyampaikan siap dan bertanggung jawab jika harus dipanggil instansi terkait atas aduan tersebut.

Sementara itu kepala SD 030336 Batang Ari Esti Sinurat yang coba dijumpai tidak berhasil. Sedang saat dicoba meminta klarifikasinya melalaui ponsel juga tidak menjawab. (Agam)