Pariwisata

Kepada Desy Ratnasari, Bupati Dairi Ngotot Soal Tao Silalahi

Bupati Dairi Bersama Komisi X DPR RI Desi Ratnasari dan Ibu Dewi

Sidikalang- Dairi Pers : Menghadiri undangan komisi X DPR RI di Grand Inna Parapat, Simalungun Kamis (13/2) bupati Dairi “ngotot”  Tao Silalahi masuk dalam Tourism Master Plan. “ Kami ingin diperhatikan Tao silalahi itu tidak kalah dari sisi lain pantai Danau toba. Bahkan di Silalahi sebagai  danau terdalam diseputaran danau toba. Dari sisi manapun kami siap. Jadi mohon Tao Silalahi masuk dalam master plan wisata”

Demikian Bupati Dairi DR Eddy Berutu saat bertemu dengan komisi X DPR RI hari ini. Artis Desy Ratnasari yang kini sebagai anggota DPR RI komisi X itu ditodong Bupati Dairi untuk melirik Dairi, melihat potensi  Dairi dan menceritakan sejumlah obyek wisata  yang terdiri Dairi  wisata alam , sejarah dan kerajinan tangan. “ Kita minta kepada semua anggota DPR RI di Parapat  kabupaten  Dairi harus masuk dalam master plan wisata Danau toba. Kita punya semua yang unik di Dairi. Jadi mengapa tidak? Kita harus ngotot” sebut DR Eddy Via Whatsapp.

Dikatakan orang nomor satu kabupaten Dairi itu Tao Silalahi pantas masuk dalam super prioritas dalam perencanaan. Pasalnya Dairi  yang  memiliki 4 suku yang  dominan  yakni Toba, Karo, Simalungun dan Pakpak.  Tao Silalahi sebagai bagian dari kabupaten Dairi  dianugerahi sebagai yang terdalam pada  kawasan Danau toba. Asri dan relatif masih terjaga menjadi nilai leboh dibanding yang lain.

Ada bukit akar, air terjun siringo-ringo dan juga sebagai geosite memiliki 3 site yang perlu ditata yaitu batu parorot, batu sigadap dan air terjun Aek sipaulak hosa. Ini beberapa tempat menarik dan mempunyai nilai sejarah tinggi dan lokasi yang di akui mempunyai lengenda,  Obyek ini sekarang menjadi  daerah tujuan wisata , sebutnya.

Bukan itu saja DR Eddy Menyebutkan  Dairi tengah mengembangkan tenun asli dalam  konsep ramah lingkungan melalui ecofashion  yang  memanfaatkan sisa atau limbah bawang sebagai pewarna . Melalui binaan dekranasda kerjinan tangan ibu ibu ini telah mempunyai nilai tambah sejak dipamerkan diluar negeri juga pameran di kota Jakarta .

Demikian kuliner unik juga tidak kalah bersaing dengan daerah lain diseputaran danau toba.  Kepada Ibu Desy Ratna sari , ibu dewi dan semua DPR RI kita paparkan itu tentu harapan kita dewan terhormat ikut membantu Dairi masuk dalam Tourism Master Plan Danau Toba.  Kita juga berharap paparan itu menjadi masukan bagi Badan Otorita Danau Toba (BODT) untuk melihat Dairi dan memberikan perhatian lebih ke wisata Tao Silalahi, sebutnya.

Bupati Juga memaparkan sejumlah obyek wisata TWI, Sicike cike dan sejuknya udara kabupaten Dairi dengan bukit bukitnya yang terjaga.

Perlu Perhatian Lebih

DR Eddy Berutu menyebutkan sekian lama berlalu harus diakui jujur Tao Sialahi bagai terlupakan padahal mempunyai potensi luar biasa di bidang wisata. Pemkab Dairi kini menjadikan salah satu target dalam program Dairi Unggul.  “ Banyak anggaran pariwisata terlebih Bapak Presiden sudah menetapkan Danau Toba Daerah Tujuan Wisata. Kita punya Tao silalahi maka wajib kita memperjuangkannya . Kita ingin warga sialahi sabungan sejahtera dengan kegiatan pariwisatanya.

Demikian tempat lain yang menjadi obyek wisata  di Dairi. Kita tidak kalah. Bahkan kita punya lebih punya durian terbaik, punya kopi lengendaris kini buah manggis dan duku sudah mulai terkenal. Jadi mengapa tidak ,Dairi wajib masuk dalam Tourism Master Plan, pungkasnya. (Hen)

def