Peristiwa

Keluarga Positif Corona Sidikalang Dievakuasi Ke RSUD

Mblang Malum disemprot disinfektan

Sidikalang-Dairi Pers : Pasca ditetapkannya satu orang warga Sidikalang tepatnya di desa Mblang Malum, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi positif Corona Bupati Dairi DR Eddy Berutu memerintahkan gugus tugas melakukan evakuasi keluarga ke RSUD Dairi. Satu orang anggota keluarga dievakuasi menggunakan ambulans pemkab Dairi untuk selanjutnya dipantau. Kondisinya masih sehat namun harus diisolasi sesuai aturan.

Sebagaimana diketahui salah seorang warga Mblang Malum Sidikalang telah ditetapkan positif Corona. Yang bersangkutan diketahui kembali dari malaysia yang selama ini bekerja sebagai TKI di negeri tetangga.  Warga ini diketahui sempat berada 5 hari di rumah keluarganya di Mblang Malum sebelum diketahui dengan gejala Corona.  Dan kamis (26/3) keluarganya ini sudah diisolasi.

Sebelumnya orang tua pasien sudah berada di Medan sehingga tinggal satu saja tersisa keluarga di rumah dimana pasien pernah berada selama lima hari.

Sementara itu usai evakuasi  Gugus Tugas bersama jajaran Kecamatan Sidikalang, Polsek dan Koramil melakukan penyemprotan cairan disinfektan di wilayah Mblang Malum, rumah tinggal pasien . Beberapa titik yang dianggap tempat berkumpul juga dilakukan penyemprotan disinfektan.

Juru Bicara Penanganan Covid19 Kabupaten Dairi dr. Edison Damanik menyebutkan Saat ini Pemkab tengah melakukan upaya peningkatkan tracing  yakni menelusuri mereka meraka yang pernah berhubungan dengan pasien.  “Bagi siapa saja yang merasa pernah kontak erat dengan pasien agar melaporkan diri ke pustu/puskesmas  untuk selanjutnya  melakukan isolasi diri selama 14 hari . Jika merasakan gejala mirip covid-19 agar segera melaporkan diri ke Puskesmas terdekat untuk dilakulan observasi, Sebut Damanik .

Dikatakan Damanik Pemkab Dairi mengajak  semua pihak untuk tetap tenang dan bersama-sama  menjaga dan menaati aturan kesehatan menghadapi Corona. Dikatakan tetap berdoa bahwa kita mampu melewati semua ini dengan baik, Pemerintah hadir ditengah-tengah masyarakat, mari saling menguatkan, mentaati segala bentuk himbauan, berpikiran positif dan hidup sehat.

Ditambahkan  Forkopimda akan lebih tegas dalam menertibkan masyarakat yang masih berkumpul diluar rumah baik ditempat hiburan, pariwisata, tempat ibadah, rumah makan dan lain lain. Kedengarannya pasti tidak nyaman Namun  demi pemutusan penyebaran virus dan menjaga masyarakat Dairi harus dijalankan, sebutnya  (Ipen)