Kriminal

Kawanan Maling Puskesmas Sitinjo Diciduk Polisi

Kapolres Dairi Pamerkan Barang bukti pencurian di puskesmas Sitinjo

Sidikalang- Dairi Pers : Reskrim Polres Dairi menangkap kawanan maling  yang membobol kantor Puskesmas dan rumah dinas Sitinjo sabtu (19/1).  4 kawanan yang ditangkap polres Dairi setelah dipergoki masyarakat saat melansir barang curiannya dengan becak bermotor ke areal perladangan kopi milik warga. Cukup miris karena dari 4 tersangka 3 orang diantaranya masih berusia belia 15 tahun .

Kapolres Dairi AKBP Leonardo D Simatupang SIK didampingi Kasat Reskrim, Iptu Junisar Rudianto Silalahi SH dalam konferensi pers di Mapolres Dairi, Senin (20/1) menguraikan tertangkapnya 4 kawanan pelaku pencurian itu saat dipergoki warga dan selanjutnya mela;porkan ke Mapolres Dairi.

Mereka yang diamankan Chandra Sinaga (23) warga Jalan Sei Mencirim Pasar 9, Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan, HKS (15) warga Jalan Hasoman, Desa Huta Rakyat, Kecamatan Sidikalang, KS (15) warga Jalan Parluasan, Kecamatan Sidikalang dan RDS (14) warga Jalan Cipta, Kecamatan Sidikalang.

Barang bukti yang diamankan polisi dari tangan tersangka yang bersumber dari Kantor Puskesmas Sitinjo antara lain, Satu unit LCD komputer merek Lenovo, Dua unit LCD komputer merek HP, Satu unit printer merek Epson, Tiga mouse merek HP, Satu Mouse merek Lenopo, Satu unit Laptop merek Aspire one, Tiga keyboard merek HP, Satu Keyboard merek Lenopo, Dua Unit CPU merek Lexos, Satu CPU merek Pigmentech, Dua unit charger Laptop merek HP, Satu charger laptop merek Lenopo, Satu unit charger merek  Liteon dan satu charger Laptop merek Huntkey.

Sedangkan barang bukti dari rumah Dinas Puskesmas Sitinjo, antara lain dua unit Laptop merek Acer, Satu Unit Laptop merek Axio, Satu unit charger laptop tanpa merek, Satu unit kamera Handycam merek Spectra dan dua kerabu anting.

Diuraikan Kapolres korban pencurian yakni Desmon Silalahi (38), Lusianna Hayatri (43) dan Erianto Malau yang pada saat kejadian tidak berada di tempat.

Kronologi ditangkapnya para tersangka Minggu (19/1) dipergoki warga saat melangsir barang  hasil curian ke areal perladangan kopi milik masyarakat menggunakan becak bermotor.

“Setelah mengambil barang-barang dari Kantor dan rumah Dinas Puskesmas, para pelaku memasukan barang-barang ke dalam karung. Kemudian melangsirnya menggunakan becak bermotor ke perladangan kopi milik warga. Namun aksi mereka ketahuan warga, setelah diamankan warga para pelaku diserahkan ke personil Sat Reskrim yang datang ke TKP,”jelas kapolres.

Dari pemeriksaan polisi dari pengakuan para tersangka sebelum melakukan aksi pencurian, mereka terlebih dahulu melakukan pertemuan di salah satu warnet di Jalan Kopi, Kota Sidikalang untuk mengatur rencana dan pemantauan target .

Dua orang menggunakan sepeda motor  untuk memantau situasi di Jalan Kuta Geroh, Desa Sitinjo I. Kemudian  tiga lainnya menggunakan becak bermotor,sebut Kapolres. (jar)

def