Bisnis

Jeli Baca Peluang, Stand Dekranasda di Ujian CPNS Dairi

Stand Dekranasda di Ujian CPNS Dairi

Sidikalang- Dairi Pers : Jeli membaca peluang demikian kalimat melihat stand dekranasda Dairi di Ujian CPNS yang tengah berlangsung di kompleks hotel Beristera, Panji, Kabupaten Dairi. Disamping menunggu transaksi yang terjadi stand Dekranasda Dairi ini juga mempromosikan produk UKM dan home industri Dairi yang menjadi binaan Dekranasda.  Untuk ujian CPNS tahun ini sebanyak 19.026 peserta ujian berdatangan ke Dairi.

Pantauan Dairi Pers Jumat (7/2) sejumlah peserta ujian CPNS yang akan memasuki ruangan ujian secara bergelombang menyempatkan diri melihat pameran dekranasda. Sejumlah CPNS yang berasal dari luar Dairi diantarkan keluarganya dengan menggunakan mobil pribadi . Sejumlah keluarga CPNS yang ujian menyempatkan diri melihat produk produk yang dipamerkan juga berkesempatan merasakan nikmatnya kopi Dairi di stand dekranasda.

Penjaga Stand Dekranasda Dairi yang diwawancarai Dairi Pers mengakui kalau sejumlah produk kerajinan dan produk UKM yang dipamerkan terjual kepada pengunjung yang datang. Namun paling banyak transaksi pembelian kopi asli Sidikalang.  Ada yang minum langsung disini ada juga yang membawa menjadi oleh oleh” sebut penjaga stand berwajah imut tersebut.

Sementara sejumlah produk UKM yang dipamerkan di stand Dekranasda Dairi yakni  bubuk kopi produksi sejumlah UKM di Dairi, Kerajinan tangan seperti tas , Ulos karya Ferdi Sihombing , Baju ulos,  aksesories kecantikan wanita, makanan ringan berupa cemilan, produk olahan kacang serta olahan tepung dalam bentuk kerupuk.

Serius Tapi Santai

Sementara itu ujian CPNS yang tengah berlangsung di Hotel Beristera Sidikalang terlihat serius dengan penjagaan ketat. Namun demikian ribuan calon CPNS yang memilih ingin menjadi PNS Dairi itu juga dapat bersantai menikmati aneka kuliner yang ada di dalam kompleks Ujian maupun diluar kompleks.

Aneka kuliner yang dijajakan di depan pintu masuk hotel dan pinggir jalan dapat dinikmati para CPNS dan keluarga yang mengantarkannya. Harga yang dipatok sangat terjangkau. Seorang pedagang dadakan yang diwawancarai Dairi Pers mengatakan untuk satu gelas kopi cukup dengan harga Rp. 5.000, sedang untuk makan siang tersedia dari ukuran Rp. 15.000 s/d 25.000 . Tergantung kemampuan pembeli. (Ipen)  

def