Lokal

Jalan Sidikalang- Sitinjo Akan Dibagi Dua

Pengukuran Jalan oleh Staf Dinas Cipta karya dna tata ruang

Sidikalang- Dairi Pers : Jalan utama yang merupakan pintu gerbang masuk ibu kota Dairi kecamatan Sidikalang dari kecamatan Sitinjo akan dibagi menjadi dua jalur. Survei dan pengukuran mulai dilakukan oleh dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Dairi pekan ini.  Belum diketahui pasti kapan proyek ini akan dimulai . Namun diketahui jalur ini merupakan jalan milik pemerintah propinsi sumut.

Sejumlah staf dinas PU Cipta Karya dan tata ruang yang dikonfrimasi Dairi pers menyebutkan direncanakan jalan utama Sidikalang sitinjo itu dua jalur  membentang mulai dari simpang TWI  (Taman Wisata Iman)kecamatan Sitinjo hingga simpang Salak kecamatan Sidikalang. “ Ini masih pengukuran untuk mengetahui luas jalan. Sepertinya hasil sementara masyarakat sangat mendukung dan jalur ini masih sangat dimungkinkan untuk dijadikan dua jalur” sebut salah seorang staf kepada Dairi Pers .

Masih menurut surveyer ini  kalau jalan yang ada sekarang cukup lebar dan hanya perlu beberapa meter saja diperlebar untuk menjadikan  jalan Sidikalang –Sitinjo menjadi dua jalur.

Sementara itu pantauan Dairi Pers jalur Sidikalang –Sitinjo ini merupakan salah satu jalan paling rawan di Dairi.  Selama ini jalur paling rentan terhadap kecelakaan lalu lintas.  Kecelakaan lalulintas hingga korban jiwa merupakan hal yang sering terjadi di jalur ini.

Posisi jalan yang relatif lurus dan mulus membuat sejumlah pengemudi kendaraan menjadikan jalur ini tempat mengebut. Bukan itu saja jalur ini merupakan salah satu jalur terpadat karena daerah lintasan kendaraan untuk Pakpak Bharat, dan Propinsi Aceh. Ratusan truk CPO asal Aceh tiap hari melintasi jalur ini.

Sementara itu dari wajah kota terlihat jika jalan ini dibuka menjadi dua jalur  akan terlihat perubahan wajah kota Sidikalang sebagai ibu kota kabupaten Dairi.  Sudah  25 tahun  silam terakhir  kali bahu jalan dibagi jadi jalur dilakukan. Pembagian jalur terakhir dilakukan oleh mantan Bupati Dairi Drs S Is Sihotang yang berhasil membuat dua jalur dari singamangaraja bawah  ke simpang salak Sidikalang..

Sejak itu wajah kota Sidikalang sama sekali tidak berubah hingga kini. Dengan adanya rencana membuat dua jalur maka dipastikan akan ada perubahan wajah ibu kota kabupaten Dairi. Setidaknya pembuatan dua jalur ini diperkirakan akan mengurangi jumlah angka kecelakaan lalu lintas jalur tersebut. (hen)