Lokal

Jalan Desa Lau Njuhar Bak kubangan Kerbau

Bahu jalan Desa Lau Njuhar yang rusak parah

Sidikalang- Dairi Pers : Jalan desa di Lau Njuhar menuju Mbal mbal kecamatan Tanah Pinem  kabupaten Dairi berubah bagai kubangan kerbau pasca diguyur hujan  akhir tahun. Jalan yang sebelumnya diaspal itu kini sangat sulit dilalui dengan genangan air sedalam 30 s/d 50 cm.  Kondisi itu membuat perekonomian warga desa terganggu.

Wartawan Dairi Pers Tanah Pinem S. Ginting melaporkan ruas jalan desa Lau Njuhar menuju Mbal mbal hampir seluruhnya rusak . Sebelumnya ruas jalan itu sudah diaspal namun seiring waktu rusak hingga menimbulkan genangan air dihampir semua bahu jalan .

Jalan desa sekaligus jalan utama pengangkutan hasil pertanian warga berupa jagung dan kemiri itu sulit dilalui. Bahkan kerusakan jalan yang sudah tergolong rusak parah  itu hanya dapat dilalui kendaraan roda dua. ” kalau mobil hanya jenis gerdang dua yang bisa lewat. Itupun sangat sulit karena jalan licin dan lobang bahu jalan hingga setengah meter merata sepanjang jalan ” sebut Ginting.

Sementara itu warga setempat menyebutkan kerusakan bahu jalan sudah berlangsung lebih dari setahun. Musim hujan yang terus mengguyur daerah itu sudah berdampak serius yang membuat jalan tergenang. Praktis jika malam hari tidak satupun berani kendaraan melintas. “Sedang siang hari saja hanya sepeda motor berani lewat itupun hanya satu dua kendaraan. Kalau malam praktis tidak ada yang berani . apalagi jalan tanpa lampu penerangan” sebut Tarigan salah satu warga kepada Dairi Pers

Beberapa warga menyebutkan tidak tahu kalau jalan tersebut merupakan tanggung jawab desa.” Kita tidak tahu siapa yang tanggung jawab. Yang jelas kita warga berharap jalan tidak begini sehingga merasa sedikit nyaman. Kita jadi susah jalan rusak ongkos pengangkutan juga jadi mahal” sebut mereka (S. Ginting)