Peristiwa

Jalan Desa Alur Subur- Liang Jering Putus Total

Jalan Desa Alur Subur- Liang Jering Yang Amblas

Sidikalang- Dairi Pers :  Bahu jalan yang menghubungkan desa Alur Subur ke Desa liang jering kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi putus total minggu (5/4). Jalan desa ini longsor sekitar 15 meter dan sama sekali tidak dapat dilalui kendaraan . Hujan deras yang terjadi juga mengakibat sejumlah lahan rusak.

Wartawan Dairi Pers Tanah Pinem melaporkan  jalan yang menghubungkan desa liang jering dan Alur subur itu amblas setelah hujan deras mengguyur desa itu  pada hari minggu. Jalan tersebut berupa jalan rabat beton yang dibangun  bersumber dari dana desa tahun 2019. “ Sebelumnya sudah dilaporkan ke BPBD akan bahu jalan ini yang sudah rawan karena sudah berliang. Namun hujan yang yang berlangsung cukup deras minggu  langsung membuat bahu jalan amblas. Jadi belum sempat diperbaiki hujan tiba tiba mengguyur sehingga amblas” jelasnya

Tidak ada korban dalam kejadian itu namun untuk sementara akses jalan untuk menghubungkan dua desa ini putus total. Jalan yang menghubungkan dua desa itu biasa dilintasi untuk  pengangkutan barang dan hasil panen warga.

Disebutkan kalau hal itu akan dilaporkan hari ini ke BPBD Dairi. Namun untuk sementara direncanakan warga akan bergotong royong  agar jalan tersebut dapat dilintasi minimal roda dua. “ Jalan ini satu satunya akses untuk menghubungkan dua desa. Jika dibiarkan dalam waktu lama maka bisa berdampak negatif terhadap harga harga kebutuhan warga, sebut Tarigan salah satu warga Alur Subur.

Diinformasikan kalau hujan deras terjadi lebih kurang 4 jam pada sore hari minggu kemarin. Meski tidak disertai angin puting beliung namun diperkirakan volume air hujan meningkat tajam yang tertumpah ke saluran parit jalan hingga tidak mampu menampung debit air.

Diperkirakan debit air yang cukup besar tersebut cepat merembes di bahu jalan yang memang pada bagian bawahnya sebelumnnya diinformasikan sudah rawan dan berliang.  Untuk sementara warga hanya dapat melintasinya dengan berjalan kaki  (S. Ginting)