Lokal

Ini Pesan Bupati Dairi di Deklarasi Pilkades Damai

Bupati Dairi DR Eddy Berutu saat memberi arahan di deklarasi pilkades Damai

Sidikalang- Dairi Pers : Pilkades serentak untuk 33 desa di Dairi dilakukan 12 Nopember mendatang. Desa milik kita bersama jaga persatuan dan kesatuan. Kalah menang hal biasa . Usai pilkades siapapun menang utamakan kerbersamaan membangun desa. Deklarasi bukan sekedar seremoni namun deklarasi harus ditindaklanjuti dalam perbuatan nyata menjaga keutuhan warga desa.

Demikian Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate berutu dalam arahannya saat deklarasi Pilkades Damai di balai budaya Sidikalang  Selasa (5/11) Hadir dalam acara ini Ketua Sementara DPRD Kabupaten Dairi Depriwanto Sitohang , Asisten dan Staf Ahli Kabupaten Dairi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. Hutur Siregar, M.Si, Forkopimda, Camat, Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD),  Calon Kepala Desa dan Undangan.

Deklarasi ditandai dengan penandatanganan komitmen dan pembacaan deklarasi damai pemilihan kepala desa oleh semua para calon kepala desa

Masih dalam arahan Bupati menyebutkan Deklarasi damai pemilihan kepala desa merupakan salah satu tahapan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa. Berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, pemilihan kepala desa dilakukan secara serentak satu kali pada hari yang sama di seluruh desa pada wilayah Kabupaten atau dapat bergelombang dilaksanakan paling banyak 3 kali dalam jangka waktu 6 bulan dengan interval waktu 2 tahun.

Dairi telah  melaksanakan pilkades serentak 2 kali  Tahun 2015 sebanyak 106 desa, Tahun 2017 sebanyak 22 desa dan untuk Tahun 2019 merupakan gelombang ketiga yang diikuti oleh 33 desa di 12 Kecamatan .

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa ada beberapa perubahan dalam pemilihan kepala desa yaitu, Calon Kepala Desa tidak berada di TPS selama pelaksanaan pemungutan dan perhitungan berlangsung tetapi dapat memberikan kuasa kepada orang lain sebagai saksi, Surat suara tidak memuat tanda gambar berupa lambang atau symbol akan tetapi langsung foto dan nama masing-masing calon kepala desa yang disertai dengan nomor urut, Tahapan atau jadwal Pilkades yang sebelumnya diatur lebih lanjut oleh panitia pemilihan kepala desa.

Harapan Bupati  dalam melaksanakan kampanye  tanggal 9 sampai 11 November 2019 dengan penyampaian visi dan misi yang dilanjutkan dengan kampanye baik terbuka, dialog dan pertemuan terbatas agar tetap mengikuti peraturan yang berlaku dan tidak saling menghasut dan menghujat.

Semua calon kepala desa harus memiliki sikap yang seimbang dalam menerima hasil pemilihan kepala desa ini, Kami menghimbau kepada calon kepala desa agar bisa menjaga solidaritas, keamanan dan ketentraman sehingga tercipta pemilihan kepala desa yang damai, Panitia  pemilihan  kepala desa diharapkan dapat bekerja dengan baik, netral, jujur dan baik serta bertanggung jawab dan Badan Perwakilan Desa (BPD) agar tetap senantiasa mengawasi kinerja panitia pemilihan kepala desa., jelasnya

Kepada panitia pemilihan Kabupaten, P2KD, BPD, Pejabat Kepala Desa, Camat, para Calon Kepala Desa, dan seluruh masyarakat serta aparat keamanan dan ketertiban agar menjalankan tugasnya , menjaga situasi kondusif serta hasil akhir suksesnya pilkades. (Ipen)