Sosial

Ingatkan Hulman Sitorus, Belum Dilantik Jadi Walikota Asner Silalahi Meninggal Dunia

Hulman Sitorus dan Asner Silalahi

Siantar- Dairi Pers : Bagai pengulangan sejarah kepergian Ir Asner Silalahi walikota Pematang siantar terpilih Ir Asner Silalahi diketahui meninggal dunia Rabu (13/1/2021). Sebelumnya  hal yang sama terjadi pada mendiang Hulman Sitorus pada 2016.

Hulman Sitorus merupakan Wali Kota Pematangsiantar petahana dan terpilih lagi pada pilkada susulan yang digelar November 2016. Saat itu, dia berpasangan dengan Hefriansyah.

Hulman-Hefriansyah saat itu meraih 59.420 suara. Mereka unggul dari tiga paslon lainnya.

Pada 8 Desember 2016, Hulman Sitorus meninggal dunia. Dia meninggal sebelum dilantik.

Pasangannya, Hefriansyah, kemudian dilantik sebagai Wali Kota Pematangsiantar pada Februari 2017. Setelah dilantik, Hefriansyah langsung berziarah ke makam Hulman.

Kini cerita duka itu terulang lagi. Wali Kota Pematangsiantar terpilih Asner Silalahi meninggal dunia sebelum dilantik. Asner meninggal dunia di Medan, Rabu (13/1/2021) sore. PDIP hingga NasDem menyampaikan duka atas meninggalnya Asner.

Diektahui  Asner sempat Dirawat karena awalnya COVID, tapi tes akhir negatif dan meninggal karena penyakit bawaannya. Asner merupakan Wali Kota Pematangsiantar terpilih. Dia maju bersama Susanti Dewayani. Mereka merupakan calon tunggal. Asner-Susanti mendapat 87.733 suara.

Puteri Asner Tak Henti Menangis

Suasana haru menyelimuti rumah duka Asner Silalahi, Rumah itu kini diisi tangis dari istri, anak dan keluarga besarnya. Di ruang tamu rumah yang berlokasi di Jalan Sidamanik No.15B, Kelurahan Martimbang, Kecamatan Siantar Selatan, Kamis (14/1/2021) siang, peti jenazah Asner Silalahi dielus dengan tangis sang anak.

Putrinya, dr May Irtia Silalahi tak henti menangis. Air matanya tak terbendung dan mengatakan, mengapa sang ayah tega meninggalkannya, sebelum ia menikah dengan laki-laki yang akan menjaganya.

“Bapak, aku mau menikah, aku belum menikah bapak. Aku nggak bisa kuat,” ujar May secara berulang-ulang didampingi dua saudara kandung laki-lakinya, Sondi Pittor Manahan Silalahi, dr May Irtia Silalahi dan Uzia Manogari Silalah

Asner Silalahi meninggalkan seorang istri, Juliati Sihombing dan tiga orang anak. Sebelum meninggal dunia, keluarga menyebut ada niatan Asner untuk menikahkan sang anak di Jakarta.

“Ada niatan beliau yang belum tercapai, yaitu menikahkan anaknya yang paling besar, laki-laki si Sondi itu,” ujar seorang anggota keluarga bermarga Manurung.

Asner Silalahi meninggal di RSU Columbia Asia Medan lantaran mengidap penyakit gula dan kolesterol. Sebelum meninggal, pria 59 tahun sempat dinyatakan Covid-19 dan berhasil sembuh.

“Bersama ini, kami memohon doa pada masyarakat Pematangsiantar, khususnya berpulangnya Abang kami, Asner Silalahi kemarin sore,” ujar Bolmen Silalahi, adik kandung Asner.

Bolmen menyampaikan, kondisi jenazah saat ini telah dinyatakan negatif Covid-19 sehingga acara adat dapat dilaksanakan sebelum proses pemakaman Jumat (14/1/2021) besok di Nagori Bah Sampuran, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun.

Asner akan dimakamkan di dekat liang sang Abang yang telah meninggal lebih dulu, Desember 2020 lalu. “Mohon dimaafkan segala dosa dosanya dan kami keluarga diberi ketabahan,” kata Bolmen. (Hen)