Kriminal

Iktibar ! Anak Susul Ayahnya ke Penjara Sama Sama Korupsi

Ayah dan Anak Mantan Gubernur Sumsel dan Mantan Bupati Banyuasin

Sidikalang- Dairi Pers : Kasus Bupati Non aktif Musi Banyuasin , Sumsel Dodi Reza Alex Noerdin menjadi bahan pelajaran berharga bagi kepala daerah. Betapa tidak hanya jarak satu bulan dia menyusul ayahnya  mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin ke penjara setelah di OTT KPK . Betapa hancurnya nama keluarga dan tersakitinya istri dan anak yang ditinggalkan.

Dodi Reza Alex Noerdin Bupati Non aktif Musi Banyuasin , Sumsel merupakan Anak kandung mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin,. Dodi  terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang digelar pada Jumat (15/10/2021) malam.. Selain Dodi, ada lima orang lainnya juga turut ditangkap.

Mereka adalah sejumlah ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.

Sang ayah Alex Noerdin  merupakan mantan Gubernur Sumatera Selatan ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi oleh Kejaksaan Agung. Alex Noerdin adalah Gubernur Sumetara Selatan periode 2008-2018. Alex ditahan pada Kamis (16/9/2021) usai menjalani pemeriksaan sejak pukul 09.00 WIB. Sementara sang anak, Dodi terjaring OTT sebulan kemudian tepatnya Jumat (15/10/2021). Dodi ditahan sebulan setelah sang ayah, Alex Noerdin ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi oleh Kejaksaan Agung.

Propil Dodi Alex Nurdin

Perjalanan politik pria kelahiran 1 November 1970 berawal saat ia menjadi anggota DPR dari Partai Golkar periode 2009-2014. Ia kembali terpilih di periode kedua dan menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VI DPR yang membidangi urusan perdagangan, perindustrian, koperasi, investasi, dan BUMN.

Pada tahun 2016 ia mundur dari kursi DPR dan mencalonkan diri menjadi Bupati Banyu Asin. Sebelumnya sang ayah, Alex Noerdin juga tercatat sebagai Bupati Banyuasin periode 2001-2008.

Pada Pilkada 2017, Dodi maju bersama Beni Hernedi yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Musi Banyuasin periode 2012-2017. Pasangan Dodi dan Beni diusung 11 partai politik dan mereka menang telak melawan calon perseorangan Amri Aripin dan Ahmad Toha.

Dodi kemudian dilantik menjadi Bupati Musi Banyuasin pada 22 Mei 2017 oleh sang ayah, Alex Noerdin yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan.

Setahun kemudian, tahun 2018, ia sempat mundur dari jabatan bupati dan mengincar jabatan kursi Gubernud Sumatera Selatan yang ditinggalkan ayahnya.

Ia pun maju bersama Giri Ramanda Kiemas, Ketua DPRD Sumatera Selatan yang juga keponakan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri. Dodi dan Giri didukung tiga partai besar yakni PDIP, Golkar dan PKB. Namun mereka harus puas berada di posisi kedua dan kalah dengan pasangan Herman Daru dan Mawardi Yahya. (hen)