Peristiwa

Himpak Dukung Bupati Dairi Himbauan Jangan Pulang Kampung & Bijak di Medsos

Himpak Dairi Sampaikan Dukungan cegah Covid 19

Sidikalang- Dairi Pers : Himpunan Pakpak kabupaten Dairi menyampaikan dukungan sepenuhnya terhadap himbauan Bupati Dairi DR Eddy Berutu sekaitan perantau yang berniat  kembali ke kampung halaman di kabupaten Dairi untuk mendunda sementara. . Ini salah satu point putusan kami menyikapi penyebaran Covid-19 di Dairi. Tentunya kita juga memahami kondisi sekarang dibutuhkannya ketenangan dan kenyamanan maka dimintakan semua elemen masyarakat untuk memberikan dukungan khususnya di medsos memberikan infromasi valid dan bijak berselancar di dunia maya.

Demikian ketua DPD Himpak Dairi Raja Ardin Ujung didampingi sekretaris  Ruslan Berutu dalam keterangan persnya selasa (31/3) di DPD Himpak Dairi. Didampingi sejumlah pengurus teras Himpak Masrianto Ujung, Arti Berutu, dan pengurus lainnya disampaikan dukungan kepada pemkab Dairi dan Tim Gugus tugas pencengahan Covid-19.

Melalui surat edaran tertanggal 31 Maret 2020 mengingat sejumlah daerah dan propinsi di Indonesia sudah zona merah covid-19 maka Himpak menghimbau masyarakat perantau Dairi yang mungkin berada di propinsi yang terinpeksi  virus dan luar negeri untuk sementara tidak pulang kampung dengan alasan masih kurangnnya fasilitas penanganan  medis dan APD sekaitan dengan corona di Dairi. Kondisi itu dapat memberi peluang pada penyebaran virus kepada keluarganya di Dairi  khususnya mereka yang berasal dari daerah zona merah corona.

Disebutkan sesuai SOP dan pencegahan gugus tugas bagi mereka yang kembali akan menjadi ODP dan dipantau dengan masa isolasi 14 hari. Untuk Itu Himpak mendorong satuan tugas yang didukung Polri dan TNI  mulai dari tingkat dusun, desa kecamatan hingga kabupaten , para relawan, ormas untuk lebih proaktif  memberikan informasi dan ikut responsif memperhatikan perantau yang pulang kampung.

Kepada perantau  yang sudah terlanjur pulang kampung diharapkan melakukan isolasi diri selama 14 hari sebelum berinteraksi kepada warga .  melaporkan diri kepada gugus tugas untuk mendapatkan edukasi.

Bermohon pada semua pihak untuk terus bersama dan bergotong royong memberikan eduksi, mensosialisasikan pentingnya standart yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus seperti Social Distanting, Pysical distancing, Di rumah saja, pola hidup sehat serta tidak panik  dan terus berdoa menyikapi kondisi ini.

Raja Ardin Ujung bersama Ruslan Berutu  menyampaikan keputusan akan himbauan yang disampaikan memang tidak mudah mengingat kemanusiaan dan ikatan persaudaraan yang ada. Namun demikian dengan kondisi sekarang pemakluman semua pihak tentunya paling berharga sehingga daerah tidak menjadi terbebani resiko lebih besar sekaitan penyebaran virus Covid-19, sebutnya.

Dikatakan DPD Himpak Dairi mendukung sepenuhnya Bupati Dairi dan tim Gugus pencegahan Covid-19 Dairi untuk memberikan kenyaman kepada masyarakat  Dairi termasuk jika diminta Tim gugus berperan .” Salah satu yang perlu dihimbau  bijak menggunakan medsos dan tidak memicu keresahan ditengah masyarakat Dairi dengan informasi hoax  corona maupun ujaran kebencian. Mari bersama sama menciptakan Dairi ini aman dan nyaman khususnya untuk kondisi sekarang dimana pemerintah dan tim tengah fokus untuk perang melawan corona “ sebut Raja Ardin Ujung (Hen)