Seleb

Haru, Bupati Dairi Nyanyi Saweran Untuk Penderita Disalibitas di Silima Punggapungga

Keluarga Sahat Lumbangaol , Bupati Dairi dan Ibu

Sidikalang- Dairi Pers : Mungkin keluarga Sahat Lumbagaol warga desa Lae Pangaroan, kecamatan Silima Punggapunga Dairi tidak pernah membayangkan seorang Bupati akan memberikan uang saweran yang diterimanya saat menyanyi. Namun itu benar benar terjadi keluarga Sahat Lumbangaol yang suami istri menderita disabilitas lumpuh dikirimi Bupati Dairi DR Eddy Berutu Rp. 5.060.000 hasil saweran masyarakat saat menyanyikan lagu di acara kunjungan kerja Jumat (14/2) di Silima Punggapungga.

Bupati Dairi DR Eddy Berutu yang didampingi Ny Romy Marini yang melakukan sambung rasa tanya jawab dengan warga Silima Punggapungga di los pasar Lae Pangaroan itu tiba tiba “ ditodong “ masyarakat  untuk menyanyikan lagu . Orang nomor satu kabupaten Dairi itu langsung menyanyikan lagu daerah “ tikan arnia” ciptaan Hilman Padang.

Saat petinggi Dairi itu menyanyikan lagu yang biasa dinyanyikannnya masa kampanye silam  justru sejumlah warga berdatangan memberikan saweran ke pentas dimana Bupati  dan ibu menyanyi. Sepanjang lagu dinyanyikan warga tidak berhenti menyampaikan saweran.

Lagu tikan arnia sendiri merupakan  lagu kesayangan Bupati Dairi yang menceritakan  kisah indahnya masa kecil memetik kopi bersama di Sidikalang .   Keinginan bertemu dengannya yang dulu bersama menghabiskan masa kecil itu tidak juga kesampaian meski sejumlah kota dicari.  Kisah pertemanan terpisah bertahun tahun  yang lalu itu membuat rasa rindu dituangkan dalam lagu “ Tikan Arnia” (waktu dulu).

Lagu yang menuangkan kisah haru itu semakin haru kala usai lagu dinyanayikan Bupati Dairi DR Eddy Berutu meminta panitia menghitung jumlah saweran. “  Hari ini saya mendapatkan informasi ada saudara kita, teman kita dan warga kita yang  bernasib kurang beruntung  menyandang disabilitas.  Dengan meminta izin saudara saudara yang memberikan saweran uang ini saya serahkan kepada keluarga Sahat Lumbangaol di desa Lae Pangaroan. Jumlah uang ini tidak seberapa namun  saya berharap keluarga Pak Sahat Lumbangaol tetap tabah dan  semangat meniti hidup , bisa mempergunakan uang ini ” Sebut Bupati sambil meminta Camat Silima Punggapungga menyerahkan uang ditangannya kepada keluarga Sahat Lumbangaol.

Aksi Bupati Dairi itu mendapat aplaus luar biasa dari para hadirin yang hadir. Suasana sementara menjadi haru dan hening.

Disabilitas

Keluarga Sahat Lumban gaol tinggal di Lae Pangaroan, kec. Silima Pungga Pungga, Dairi.  istrinya Boru Sinaga diketahui menderita lumpuh sejak 10 tahun silam.  Tinggal digubuk sangat sederhana berdindingkan ayaman bambu . Keduanya dihidupi anaknya yang juga seorang petani. (Hen)