Peristiwa

Hari Pertama Seruan Libur Dairi , Sejumlah Sekolah dan Lembaga Privat Masih Operasional

Surat Edaran Bupati Dairi

Sidikalang- Dairi Pers : Bupati Dairi telah mengeluarkan surat edaran berkenaan peliburan sekolah lembaga pendidikan, dan Lembaga privat guna mengantisipasi penyebarluasan corona di Dairi terhitung sejak Rabu (18/3). Namun demikian sejumlah sekolah dan lembaga privat les di kota Sidikalang masih melanjutkan kegiatannya melakukan proses belajar mengajar.

Surat edaran Bupati Dairi yang ditandatangani DR Eddy Keleng Ate Berutu tertanggal 17 Maret 2020 itu ditujukan kepada seluruh OPD, dan stake holder Dairi. Ada 6 point penegasan Bupati yang harus  dilaksanakan guna menghambat dan antisipasi penyebaran Covid- 19.

Salah satu butir utama meliburkan sekolah, lembaga pendidikan swasta, lembaga privat les , kursus dan lainnya hingga 31 Maret 2020. Sementara itu OPD  hingga kecamatan untuk mengurangi aktifitas rapat dan tidak melakukan upacara. Intinya menghindarkan kegiatan yang menjadi tempat berkumpulnya massa guna menghindari penyebaran virus corona.

Pantauan Dairi Pers Rabu (18/3) pasca dikeluarkannya surat edaran libur itu beberapa sekolah dibilangan kota Sidikalang masih terlihat melakukan kegiatan proses belajar mengajar. Salah satu SMP negeri di bilangan kota Sidikalang, Salah satu yayasan pergurauan swasta di bilangan jalan FL Tobing Sidikalang terlihat masih masuk sebagaimana biasa.

Namun demikian jelang tengah hari terlihat sekolah yang tadinya melakukan aktifitas akhirnya menyudahi proses belajar mengajar. Sejumlah kepala sekolah mengakui belum mengetahui surat edaran Bupati Dairi perihal libur. Sehingga ketika surat edaran tiba maka sekolah memutuskan libur dan siswa dipulangkan kembali.

Sementara itu diseputaran jalan  Dairi juga terlihat masih berlangsung kegiatan belajar mengajar. Sementara di sore hari terlihat masih ada lembaga pendidikan privat less masih melanjutkan aktivitasnya. Salah satu lembaga privat les di jalan empat lima sidikalang terihat sejumlah orang tua masih mengantarkan anaknya untuk mengikuti les sebagaimana biasa.

Corona Dairi

Sementara itu untuk Kabupaten Dairi trending tropik tertinggi hari ini yakni bahasan dugaan kuat salah satu warga Dairi terpapar virus corona. Hal itu menyusul pemberitaan akan rujukan RSUD Dairi ke Medan atas salah satu pasien yang diduga terkena virus korona.

Pasien inisila JT yang berdomisili di seputaran desa bandar selamat, kecamatan Sidikalang, Dairi itu diketahui baru 6 hari silam kembali dari Malaysia yang selama ini menjadi TKI disana. JT yang merasakan kelainan dalam sistim kesehatannya memeriksakan diri ke puskesmas yang selanjutnya ditetapkan sebagai ODP (Orang Dalam Pengawasan).

Namun selasa (17/3) malam JT dirujuk ke RS Adam Malik Medan guna menghindarkan hal hal yang tidak diinginkan. Rujukan pasien ini membuat pembahasan dikalangan warga Dairi.  Perbincangan dan butuhnya kepastian akan status pasien korona di Dairi itu terus menjadi buah bibir. (Hen)