Ekonomi

Hadiah di HUT ke 72, Pemkab Dairi Dan PT Inalum Bantu UKM

Bupati Dairi DR Eddy Berutu saat menandatangani nota kesepahaman dengan PT Inalum

Sidikalang- Dairi Pers : Satu hadiah untuk masyarakat pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) dalam rangka perayaan ulang tahun kabupaten Dairi ke 72 yakni ditandatanganinya nota kesepahaman antara Pemkab Dairi dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Pelaku UKM kabupaten Dairi akan mendapat bantuan peralatan pengolahan Kopi serta penenn ulos di Silahi sabungan.

Penandatanganan nota kesepahaman pemkab Dairi dan PT Inalum tersebut dilakukan di Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba diStadion Baru Sitinjo Selasa (1/10). Pemkab Dairi diwakili Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu sebagai pihak pertama sedang dari PT Inalum . Sedang Direktur Eksekutif Pengembangan Usaha PT Indonesia Asahan Aluminium Dante Sinaga sebagai Pihak Kedua.

Dalam nota kesepahaman ini diatur semua hal berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab kedua belah pihak. Maksud dari Nota Kesepakatan ini untuk mengintegrasikan tugas dan fungsi para pihak dalam rangka menyusun kebijakan dan implementasi pembinaan/bantuan dan pendampingan terhadap industri kecil di Kabupaten Dairi.

Memberikan bantuan dan pendampingan terhadap industri kecil dan menengah di Kabupaten Dairi dan melakukan upaya-upaya untuk menjalin hubungan yang baik serta menjamin keberlangsungan operasiona lperusahaan.

Dengan demikian komitmen para pihak dalam pembinaan pelaku  industri kecil dan menengah di Kabupaten Dairi, meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam pelaksanaan pemberian bantuan dan pendampingan kepada industri kecil dan menengah di Dairi.

Disamping itu meningkatkan hubungan baik kedua belah pihak dan upaya-upaya untuk menjamin keberlangsungan operasional PTIndonesia Asahan Aluminium.

Sejumlah tugas dan tanggung jawab yang diatur dalam nota kesepahaman yakni Pemerintah Kabupaten Dairi memiliki tugas dan tanggung jawab melakukan pembinaan kepada para industri kecil di Kabupaten Dairi, memberikan bantuan peralatan pengolahan kopi kepada para industri kecil dan menengah diKabupaten Dairi dan membantu PT Indonesia Asahan Aluminium dalam program Penanaman Pohon di sekitar DTA Danau Toba

Sedang   PT Indonesia Asahan Aluminium(Pihak Kedua) memiliki tugas dan tanggung jawab yaitu, memberikan bantuan pengembangan industri kecil dan menengah di Kabupaten Dairi sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku dan memberikan pendampingan kepada para industri kecil dan menengah di Kabupaten Dairi.

Penguatan UKM

Sementara itu Bupati Dairi DR Eddy Berutu kepada Dairi Pers menjelaskan peran perusahaan seperti PT Inalum dalam pembinaan masyarakat tentu akan sangat membantu dalam perekonomian masyarakat. Pelaku UKM Dairi meski meski belum semua sektor diperhatikan namun bantuan demikian dapat dijadikan perangsang sehingga menjadi pionir dalam perbaikan kesejahteraan  masyarakat.

Dikatakan UKM merupakan salah satu sektor perekonomian masyarakat yang terbukti tangguh  meski saat terjadi krisis. Bantuan dan rangsangan yang diserahkan PT Inalum misalnya untuk penenun ulos di Silahi sabungan menjadi salah satu contoh mengangkat usaha kerajiann rakyat Dairi itu bisa di bawa ke Belgia minggu ini, sebutnya.

Kita sebagai pemerintahan Kabupaten Dairi berharap pelaku UKM Dairi yang mendapat bantuan bisa bangkit dan  menjadi contoh kepada sekelilingnya bisa maju dan berhasil sekaitan dengan program Dairi Unggul.

Mungkin sebelumnya bantuan dari perusahaan sudah ada . Namun kini kita pemkab dairi lebih transparan dan terukur dalam alokasi bantuan serta capaian target. Untuk tahap awal ini kita berharap plaku di dunia usaha kopi dan tenun Dairi  bisa bangkit dan unggul, Jelasnya (Hen)