Sains

Getol Ada Perguruan Tinggi Negeri , Bupati Dairi Bermohon ke Menristek Dikti

Bupati Dairi DR Eddy Berutu hari ini bermohon hadirnya Perguruan Tinggi Negeri kepada Menristek Dikti

Jakarta- Dairi Pers : Mungkin ada orang menilai keinginan Bupati Dairi DR Eddy Kelleng Ate Berutu akan berdiri perguruan  tinggi Negeri di Dairi  hanya sebuah mimpi.  Namun demikian kiranya Bupati yang baru dilantik sebulan tersebut  teguh untuk janji kampanyennya itu dengan menjumpai Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi   Mohamad Nasir, Ak, Ph.D di Jakarta Selasa (21/5).

Diluar perkiraan justru DR. Eddy Kelleng Ate Berutu mendapat apresiasi dan  sambutan hangat Menteri yang mengurusi Ristek dan perguruan tinggi tersebut. Dalam pertemuan Bupati Eddy Berutu memaparkan potensi Kabupaten Dairi yang berada di Sumatera Utara bagian barat . DR Eddy menyampaikan potensi daerah dari sektor pertanian pariwisata hingga SDM masyarakatnya yang sudah terbukti banyak menjadi tokoh tokoh nasional.

Dikatakan betapa besarnya keinginan masyarakat Dairi  akan hadirnya perguruan tinggi negeri di Dairi  sehingga dapat meningkatkan kwalitas SDM masyarakat khususnya alumnus SLTA yang mungkin selama ini terkendala biaya jika kuliah diluar Dairi.

“ Saya atas nama masyarakat Dairi menyampaikan keinginan besar para warga Dairi akan hadirnya perguruan tinggi negeri di kampung halaman kami . Saya yakin dengan kwalitas SDM masayrakat Dairi  kelak Kabupaten. Dairi menjadi salah satu Kabupaten yang disegani di Kawasan Danau Toba bahkan di Indonesia karena Pendidikan, Kesehatan dan  Ekonomi . Bisa saja Orang tua di kampung kami makan sirih tapi Kualitas SDM dan Produknya sudah berstandar internasional.” Sebut DR Eddy di depan Menristek yang disambut senyum  pak Menteri.  

Dalam kesempatan itu Menristek Mohamad Nasir, Ak, Ph.D   menyampaikan agar Pemerintah Daerah memfokuskan keunggulan sektor-sektor yang ada di Dairi dan disesuaikan dengan program studi yang akan dibangun sehingga lulusan SMK dan SMA yang ada dapat ditingkatkan keterampilannya untuk memenuhi sektor-sektor unggulan yang ada di Dairi.

Saat dikonfrimasi melalui ponsel Bupati DR Eddy Kelleng kepada Dairi Pers menyampaikan  harapan di Dairi akan berdiri  perguruan tinggi negeri seperti yang pernah disampaikan semasa kampanye silam. Hal itu juga dijanjikan Eddy- Jimmy setelah mendegar dan melihat kondisi warga Dairi disemua desa di Dairi.

“ Kita berharap nantinya  Perguruan Tinggi akan mempersiapkan SDM Dairi agar bisa terserap di sektor unggulan yakni pertanian dan parawisata yang akan didorong untuk bertumbuh. Melihat kondisi yang ada  kita berharap  agar anak-anak Dairi pendidikannya tidak lagi hanya sampai tingkat SMA atau SMK. Jika ini dikabulkan pemerintah pusat khususnya Menristek  maka anak anak Dairi tidak harus merantau ke Medan atau Jawa untuk  mengecap pendidikan di   perguruan tinggi.

“Mereka bisa tetap membantu orang tua di ladang sambil melanjutkan pendidikan. Angkatan kerja yang memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan yang cocok akan bisa terserap di kedua sektor unggulan Dairi yakni pertanian dan parawisata. Hal ini juga akan  memperkuat kemampuan Pemerintah Dairi di berbagai sektor pelayanan publik.

Bupati Eddy sangat berharap permohonan rakyat Dairi itu bisa diapresiasi menteri sehingga harapan yang sudah lama terpendam itu bisa terwujud dalam waktu tidak terlalu lama lagi, Ujar Bupati.

Saat ditanyakan Dairi Pers akan aturan kopertis soal perguruan tinggi, baik jarak dan ketersediaan dosen maka permohonan itu  sulit bisa terwujud. Eddy justru menjawab dengan optimisme. Jika hal yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin itulah namanya perubahan” sebut Bupati  optimis. (Ipen)