Peristiwa

Gereja HKBP Parbuahan Terbakar

gereja HKBP Parbuahan Yang terbakar

Sidikalang- Dairi Pers : Gereja HKBP Resort Juma Ramba Distrik VI Dairi di desa Parbuahan, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi terbakar  Rabu (20/11) sekitar Pukul 18.30 Malam ini. Meski tidak ada korban jiwa  dalam [eristiwa ini namun hampir semua isi gereja musnah dilalap sijago merah. Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.00 Wib malam ini.

Informasi yang berhasil diperoleh Dairi Pers malam ini dari wartawan Dairi Pers sumbul menyebutkan kebakaran yang terjadi di rumah ibadah itu diperkirakan terjadi jelang malam.  Biasanya di gereja tersebut memang kondisi sepi . belum diketahui sumber api namun mobil pemadam kebakaran baru tiba di lokasi sekitar pukul 19.00 WIB yang langsung mencoba menaklukkan sijago merah.

Namun api sempat membesar dan melalap platfom gereja serta atap hingga runtuh. Api terus membesar meski  pada kejadian itu angin tidak kencang.  Kondisi cuaca di lokasi tergolong bersahabat dan bukan musim kemarau. Namun demikian api begitu cepatnya membesar.

Warga yang berada sekitar gereja berusaha memadamkan api dengan menyiramkan air secara manual. Namun upaya itu juga tidak bisa memberikan hasil maksimal. Api dan asap membesar keluar dari pintu dan jendela gereja.

Mobil damkar yang turun ke lokasi langsung melakukan pemadaman dan dibutuhkan waktu cukup lama untuk menaklukkan sijago merah.

Sementara itu kepala BNPB Dairi  Bahagia Ginting yang dikonfirmasi Dairi Pers malam ini atas musibah yang terjadi di gejera tersebut membenarkan. Dikatakan informasi itu sudah diterima dan pemadam kebakaran  sudah berhasil memadamkan api sejak pukul 20.00 WIB. Untuk sementara penyebab kebakaran kemungkinan besar korslet listrik “ sebutnya (ipen)