Kabupaten Pakpak Bharat

Franc Menangkan Pilkada Pakpak Bharat

Franc Dielu elukan pendukungnya

Salak- Dairi Pers : Franc Bernhard Tumanggor – Musyuhito Solin (FBT-MO) memenangkan pilkada Pakpak Bharat dalam perhitungan sementara  Rabu (9/12).  Sumber Posko FBT- MO di  Salak menyebutkan perolehan suara pasangan nomor 1 tersebut sekitar 18.000 suara sedang rivalnya  Soni Berutu terpaut jauh sekitar 11.000 suara hingga pukul 17.30 WIB. Sementara jumlah DPT untuk Pakpak bharat sekitar 32 ribu suara.  Namun demikian KPU Pakpak Bharat belum memberikan keterangan resmi atas perolehan suara kedua pasangan karena masih menunggu proses perhitungan suara resmi.

Perolehan suara pasangan nomor 1 itu cukup signifikan meninggalkan rivalnya  sekitar 7.000 suara. Aroma kemenangan juga sudah terasa  sejak pukul 16.00 WIB di posko FBT-MO setelah infromasi perhitungan sementara intern posko diketahui.

Para pendukung FBT-MO yang berkumpul langsung mengelu elukan Franc dan mengangkatnya di kursi dan terlihat bergembira dnegan perolehan suara signifikan.

Sementara itu terlihat sejumlah tokoh Dairi berkumpul di posko FBT-MO. Mereka terlihat sejak pagi dan menjadi tamu Franc ikut melihat proses demokrasi di kabupaten ex Dairi tersebut.

FBT- MO

Franc Bernhard Tumanggor (FBT) merupakan anak DR MP Tumanggor mantan bupati Dairi dua periode. Franc sebelumnya terjun ke dunia politik dengan partai golkar dan duduk sebagai anggota DPRD  Sumut periode 2019- 2024 dari partai Golkar. Namun sekitar setahun menjabat Franc memilih mengikuti pilkada Pakpak Bharat berpasangan dengan Mutsyuhito Solin yang merupakan dosen Unimed Medan.

FBT- MO maju didukung sejumlah partai besar seperti PDIP, Golkar, Nasdem dan lainnya. Sedang rivalnya Soni Berutu maju dari partai Demokrat.

Soni Berutu sebelumnya adalah ketua DPRD Pakpak Bharat dari partai democrat.  Soni berutu merupakan kader partai democrat yang berpengalaman di legislative kabupaten. Soni Berutu berpasangan dengan Boang Manalu dengan nama Sora Lebbuh.

Dalam proses pilkada Daerah ini tercatat sejumlah pelanggaran pidana yang  terjadi antar pendukung. Mulai dari kasus pelanggaran  IT, dan criminal bentrokkan antar pendukung. Sejumlah orang ditahan sekaitan dengan pidana pemilu yang terjadi.

Sementara itu pilkada Pakpak Bharat Rabu (9/12) dilaporkan berlangsung aman tertib dan lancar.  Proses pemungutan suara belangsung sejak pukul 07.00 WIB dan antusiasme masyarakat cukup tinggi memberikan suaranya dalam pilkada kali ini. (Hen)