Lokal

Formasi 285 , Pendaftar CPNS Dairi 16 Ribuan

Kepala BKPSDM kabupaten Dairi Suasta Ginting

Sidikalang- Dairi Pers : Menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) masih menjadi pilihan mayoritas kaum akademisi yang menamatkan kuliah. Setidaknya hal itu terlihat dari minat calon PNS yang mendaftar via online untuk formasi ASN lingkungan pemkab Dairi. Dari sekitar 285 formasi diketahui hampir 16 ribu  pendaftar hingga senin (25/11). Jumlah pendaftar ini membludak hingga diperkirakan penyelenggara ujian akan kewalahan untuk menyediakan tempat dan fasilitas komputer.

Demikian hasil wawancara Dairi Pers dengan Kepala  BKPSDM kabupaten Dairi Suasta Ginting selasa (26/11). Disebutkan dari 285 formasi tersebut yang direkrut untuk tenaga pendidikan 222 orang dan tenaga kesehatan 63 orang.

Disebutkan hari hari terakhir pendafatran justru pelamar untuk Dairi membludak hingga sabtu lalu kita cek masih 15 ribuan dan penutupan pendaftaran kemarin senin (26/11) sudah sekitar 16 ribu pelamar, sebut Ginting.

Dikatakan membludaknya jumlah peserta ini dimungkinkan di daerah lain yang berdekatan dengan Dairi tidak membuka kesempatan sebanyak yang dibuka Dairi. “ seperti Taput, Humbahas , karo dan Tobasa misalnya jumlah untuk guru terbatas. Jadi kemungkinan Dairi yang membuka peluang besar akhirnya pelamar mengejar ke Dairi, sebut Ginting.

Dikatakan dengan membludaknya jumlah pelamar maka Kepala  BKPSDM kabupaten Dairi akan mempersiapkan penyelenggaraan ujian dengan sebaik mungkin. “ Kalau 16 ribu sepertinya ujiannya kita buat seperti bergelombang saja. Tentunya dengan jumlah itu fasilitas komputer terbatas . rencana kita akan menggunakan laptop beberapa sekolah untuk kepentingan ujian CPNS ini” Tambahnya

Saat ditanyakan lokasi tempat Ujian Suasta Ginting menyebutkan masih merencanakan “ Pastinya kita akan menyelenggarakan ujian CPNS. Ini masih mengkalkulasi dan menginventarisasi tempat dan jumlah pelamar. Karena jumlahnya membludak maka diperlukan sedikit rapat di panitia. Biasanya kita lakukan di Bale Karina” sebut Ginting.

Sementara itu sebelumnya panitia penerimaan Ujian CPNS yang juga sekretaris BKPSDM Dairi Bernad Naibaho menyebutkan  berkaitan dengan formasi yang mayoritas guru tersebut merupakan putusan pemerintah pusat. “ memang itu usulan kita 5 tahun silam.  Dan sekarang pemerintah pusat baru mengalokasikan. Jadi murni ini putusan pusat saja, jelasnya.

Ekonomis

Sementara itu dengan membludaknya jumlah pelamar CPNS yang akan melakukan ujian di Dairi diperkirakan akan berdampak positif terhadap perekonomian Dairi. Pasalnya para calon peserta ujian ini akan menginap dan makan minum minimal sehari di Dairi.  Jumlah 16 ribu cukup terasa positip  bagi pengusaha rumah makan, dan tempat kost  serta mungkin sejumlah hotel di Dairi. (Hen)