Fed menaikkan seperempat poin dan menunjukkan lebih banyak sinyal ke depan

“Pekerjaan belum selesai sepenuhnya,” katanya.

Sejauh ini, bukti moderasi pasar tenaga kerja tetap tidak meyakinkan: Klaim awal untuk tunjangan pengangguran telah diredam, dan tingkat pengangguran adalah yang terendah dalam setengah abad. Bukaan pekerjaan meningkat pada bulan Desember, dan sekarang ada 1,9 posisi yang tersedia untuk setiap pekerja yang menganggur.

“Pasar tenaga kerja sangat ketat,” kata Mr. kata Powell pada hari Rabu. Departemen Tenaga Kerja akan merilis angka perekrutan dan pengangguran untuk Januari pada hari Jumat.

Hal ini membuat bank sentral gelisah. Para pejabat selalu mengharapkan harga mulai mendingin saat masalah rantai pasokan pandemi teratasi, saat konsumen bekerja melalui stok besar dan mengurangi pengeluaran mereka — dan depresiasi itu terlihat. Tetapi beberapa pembuat kebijakan khawatir bahwa pertumbuhan upah yang cepat di bidang jasa – hotel, restoran, acara olahraga – bisa jauh lebih tinggi daripada sebelum pandemi.

“Kami sepakat bahwa gambaran inflasi semakin baik, tetapi itu tidak berarti The Fed semakin dekat untuk menyatakan kemenangannya,” kata Sarah House, ekonom senior di Wells Fargo.

Perekonomian global tidak selemah yang diperkirakan banyak orang, karena musim dingin yang ringan meredakan masalah energi di Eropa dan China dibuka kembali akibat pemogokan. Pejabat bank sentral mengangguk dalam laporan mereka pada fakta bahwa pertumbuhan global lebih lambat daripada yang terlihat tahun lalu, menghilangkan garis yang mengatakan perang Ukraina “membebani aktivitas ekonomi global.”

Sebaliknya, pembuat kebijakan bank sentral mengatakan perang itu “berkontribusi pada meningkatnya ketidakpastian global.”

Tanda-tanda pemulihan ekonomi seperti itu dapat membantu bank sentral melakukan soft landing, yang akan mengurangi inflasi tanpa menyebabkan resesi yang dalam. Di sisi lain, kekuatan ekonomi yang berkelanjutan dapat meningkatkan permintaan dan mencegah kenaikan harga yang cukup rendah jika pertumbuhan terbukti terlalu kuat.

READ  Kepala bank sentral Jerman mengatakan inflasi yang membandel akan tetap pada rekor tertinggi

Pejabat Fed akan fokus pada ke mana arah ekonomi – dan seberapa lambat menurut mereka seharusnya – karena mereka memutuskan berapa banyak untuk menaikkan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang dan untuk berapa lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *