Sains

FB , IG Masih Lelet, WA Mulai lancar di Dairi

Facebook dan instagram whatsapp

Sidikalang-Dairi Pers : Meski situasi demo di kantor bawaslu Jakarta hari ini sudah kondusif namun sejumlah layanan medsos di Dairi belum juga bisa sempurna digunakan. Layanan facebook  , Instgaram  untuk pengguna android  Dairi masih sulit dibuka sedang layanan whatsap sudah lancar  untuk redaksi sedang gambar dan vidio masih sulit . Pembatasan layanan medsos yang dilakukan pemerintah mulai terasa  21 dan 22 Mei kemarin.

Data yang dikumpulkan Dairi Pers dari sejumlah pengguna  layanan andorid di Sidikalang menyebutkan untuk aplikasi Facebook dan Instagram masih cukup lelet dan sulit  jika up load vidio. Sementara itu untuk layanan whasap sudah lancar namun utnuk foto masih sedikit lelet dan terlambat dalam pengiriman.

Dibatasinya layanan medsos oleh negara sejak peristiwa 21 dan 22 mei kemarin awalnya membuat sejumlah pengguna android Dairi bingung akan eror dan tidak terkirimnya pesan yang dilakukan. Namun demikian untuk layanan telephone langsung  tidak ada masalah. Leletnya layanan medsos itu akhirnya diketahui karena memang pembatasan yang dilakukan pemerirntah sekaitan kerusuhan di jalan jalan sekitar bawaslu Jakarta.  Pembatsan medsos dimaksudkan agar informasi hoax dan menjaga ketenteraman warga maka pemerintah melakukan pembatasan.

Sementara itu leletnya jaringan untuk layanan whatsap diketahui mulai terjadi sejak selasa (21/5) sedang totalnya wa tidak dapat digunakan Rabu (22/5). Layanan whatap ini kembali dapat digunakan Rabu malam sekira pukul 22.00 WIB. Namun untuk pengiriman vidio masih cukup lelet.

Sedang memasuki kamis (23/5) kondisi layanan WA sudah normal kembali. Sementara layanan Faceebook dan instagram  masih cukup lelet.

Berbagai infromasi yang berhasil dikumpulkan Dairi Pers menyebutkan kemungkinan leletnya layanan FB bisa hingga seminggu . sementara sejumlah cara menggunakan aplikasi lain agar bisa mendownload layanan baru sehingga FB tidak  mengalami gangguan beredar dari satu HP ke Group WA yang ada.

10 Hari Tapi Fleksibel

Sementara itu deputi Menko polhukam Sri Yunanto melalui wawancara dengan Kompas malam ini menyebutkan rencananya pembatasan hingga 10 hari terhitung sejak 21 Mei. Namun demikian disampaikan lama tidaknya pembatasan itu fleksibel. “ Bisa dipercepat jadi tergantung kondisi politik yang terjadi pasca demo di bawaslu. Jadi harus atas putusan menkopolhukam ” sebutnya.

Disebutkan yang dibatasi adalah gambar dan vidio sedang redaksi dan kalimat tidak ada masalah. Dasar pembatasan tersebut mencegah hoax dan berita kebohongan. Putusan  pembatasan itu sesuai keputusan meko polhukam untuk menjaga  stabilitas negara. (Hen)