Lokal

Emak Emak Cup 2019, “Sepak” Sekat Monoton

Ny Romy Mariani Semangati Tim emak emak sebe;lum bertanding

Sidikalang- Dairi Pers : Aktifitas ibu rumah tangga di Dapur, Sumur dan Kasur sering membuat hari hari menjadi monoton. Tak jarangan rasa jemu muncul. Ketua TP PKK Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu “ menerjang” budaya monoton itu dengan membuka turnamen Emak Emak Cup 2019 di lapangan bola sumbul , Kabupaten Dairi senin (12/8). Hasilnya bukan hanya ajang hiburan menyemarakkan hari kemerdekaan RI. Acara ini juga memberikan pesan pesan motivasi dan kesetaraan jender.

Dihadapan ratusan penonton yang memadati lapangan stadion Sumbul Ketua TP PKK Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu melakukan free kick off sebagai pertanda dimulainya turnamen sepak bola emak emak yang baru pertama kali di gelar di Dairi.

Gelak tawa terjadi selama pertandingan berlangsung. Para emak emak yang umumnya bukan pemain bola itu kebanyakan salah dalam bermain bola. Suasana lucu semakin mengundang gelak tawa karena ada juga ibu ibu yang sejak turun main tidak pernah menendang bola. Bukan itu saja teriakan dalam bahasa daerah terus terdengar antar sesama pemain.

Serunya tim sepak bola ibu ibu ini justru ditonton anak dan suaminya tengah memainkan sikulit bundar. Namun demikian tim sepak bola emak emak ini bagai tak perduli namun justru larut dalam suasana gembira

Sebelum membuka pertandingan  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu menyebutkan sudah menjadi tradisi jelang perayaan 17 agustus banyak dilakukan acara pertandingan mapun hiburan disetiap Daerah. Namun turnamen emak emak cup yang berada di sumbul tersebut menjadi satu hal yang berbeda. “ Biasanya ibu ibu yang mengantarkan anaknya dan menonton anaknya bertanding. Kini justru sebaliknya” sebut Ny Romy yang disambut tepuk tangan para emak emak yang hadir.

Dikatakan Ny Romy kalau emak emak juga berhak tertawa , bahagia dan melakukan sesuatu yang menghibur. Peran wanita, ibu dan sebagai istri sangat besar artinya dalam perjuangan bangsa. Maka sejumlah pahlawan wanita tercatat dalam sejarah seperti Cut Nyak Dien, Cut Meutia, Laksamana Malahayati dan Christina Tiahahu,Dewi Sartika dan R.A Kartini. Mereka menjadi wanita terbaik di bidang yang diperjuangkannya. Sejarah juga mencatat kalau wanita punya andil besar di negeri ini.

Dikatakan Ny Romy Arti Kemerdekaan adalah harus mengisinya dengan tindakan dan pemikiran yang lebih maju ke depan dan lebih modern, harus membawa kedamaian bagi lingkungan, lebih toleran sehingga kehidupan lebih aman dan tentram, jauh dari perpecahan dan berita hoax.

Dikatakan Perempuan adalah tiang doa bagi keluarga, mengajar dan membawa anak-anak tumbuh menjadi generasi berpendidikan dan berbudi pekerti. Dikatakan kini teknologi semakin canggih sehingga dapat mengakses berbagai informasi melalui media sosial.

Secara khusus Ny Romy meminta masyarakat agar bijak dalam media sosial sehingga membawa keberkahan bagi keluarga dan masyarakat. Dikatakan dari Medsos juga banyak didapatkan ilmu pengetahuan yang dapat digunakan sebagai pembanding dalam mendidik anak . Disamping itu juga tidak tertutup kemungkinan menambah penghasilan sehingga memperkokoh kehidupan keluarga, sebut Ny Romy.

Hadir dalam pembukaan emak emak Cup ini anggota DPRD Dairi wanita seperti Delphi M Ujung  dan Iriani Sembiring. Hadir juga camat Sumbul Drs. Tingki Simamora (Ipen)