Pariwisata

Eddy Promosikan Wisata Dairi Vidio Conference PATA

Eddy Berutu

Sidikalang – Dairi Pers :  Melalui video conference Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu memaparkan Tourism Platform Visit Dairi pada Event Nasional Pacific Area Travel Association (PATA) Indonesia Adventure Travel Mart 2020 dimana Kabupaten Dairi sebagai Destination Partner dalam event tersebut .

Eddy menyampaikan , Pemerintah Kabupaten Dairi berharap PATA Indonesia Adventure Travel Mart 2020 sebagai wahana dalam menggali, mengangkat, memperkenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata adventure dan seni budaya lokal yang dapat menjadi magnet para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dairi merupakan bagian destinasi pariwisata super prioritas kawasan Danau Toba yakni Tao Silalahi, juga merupakan Unesco Global Geopark Geosite Silahisabungan yang salah satu diantaranya memenuhi unsur makna Geopark (Taman Bumi) yaitu suatu konsep pengembangan sumber daya keragaman, yakni keragaman geologi (Geo Diversity), keragaman budaya (Culture Diversity) dan keragaman hayati (Bio Diversity) yang telah diakui dunia. Dairi mengarah kepada Eco Tourism dan Adventure Tourism.

“Pada kesempatan ini kami mengundang hadirin sekalian untuk datang dan menyaksikan langsung keindahan panorama alam yang sangat mempesona, pantai yang panjang dan masih terlihat natural, hutan dengan kekayaan flora dan fauna dengan keunikan dan keragaman hayati seperti bawang yang tumbuh subur mengikuti seksinya pesona landscape tanah berpasir dan bebatuan,” ucap Bupati.

Keragaman budaya dengan Tenun Ulos Silahsiabungan diproduksi tradisional sampai saat ini dikawasan Silalahi, dialek, musik dan tarian Silalahi yang menyempurnakan Tao Silalahi. Khusus di Kecamatan Silahisabungan, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan sangat mendukung untuk diadakan wisata adventure seperti climbing, hiking juga tracking. Selain itu untuk event adventure off road dimana Kabupaten Dairi baru saja menjadi tuan rumah event olahraga ekstrem Green International Extreme Adventure (GIXA). (Hen)