Ekonomi

Eddy Berutu Ke Menhut LH Minta Alih Fungsi Lahan Untuk Food Estate

Bupati Eddy Berutu bersama Menhut LH

Sidikalang- Dairi Pers :  Bupati Dairi Dr. Eddy  Berutu sekembalinya dari mengikuti  kunjungan Presiden RI, Joko Widodo saat meninjau lokasi lahan pengembangan ‘food estate’ di Kabupaten Humbang Hasundutan, Selasa (27/10) yang akan dikembangkan menjadi salah satu dari beberapa wilayah lumbung pangan di wilayah Sumatera Utara. Menyebutkan langsung menyampaikan permohonan pembebasan lahan hutan kepada Menteri Lingkungan Hidup.  “ Dairi juga sangat ingin ikut dalam Food Estate Sumut karena Dairi memang potesnial dan mampu”

Demikian Bupati Eddy Berutu Rabu (28/10) di Sidikalang. Dikatakan  Disela sela acara kunjungan lapangan di Desa Siria-ria Kab. Humbang Hasundutan; pihaknya menjumpai menteri untuk  menindaklanjuti permohonan pengalihan fungsi lahan yang diajukan Pemkab Dairi kepada Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Bupati Eddy Berutu, tampak sangat serius melakukan perbincangan dengan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya.

Menurut Bupati Eddy Berutu, pertemuan dirinya dengan pihak Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup menjadi momen penting untuk dirinya berkomitmen menjadikan Kabupaten Dairi bisa terlibat dalam pengembangan ‘food estate’ dalam mensukseskan kedaulatan pangan di wilayah Sumatera Utara.

“Beberapa ribu hektar di kawasan Kabupaten Dairi tengah dalam telaah tim Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten yakin Dairi akan bisa berkontribusi untuk kesuksesan kedaulatan pangan ‘food estate’ di wilayah Sumut.” Jelasnya. (hen)