Politik

Eddy Berutu “Kandaskan” Dedengkot Golkar, Minta PK Tidak Diganti

Eddy Menerima Pataka Golkar sebagai Ketua Golkar Dairi

Sidikalang- Dairi Pers : Sabam Sibarani sekretaris Golkar Dairi dan bakal calon terkuat untuk kursi ketua DPD Golkar Kabupaten Dairi dalam musda ke 9 jumat (26/8) akhirnya “Dikandaskan” Eddy Berutu yang merupakan Bupati Dairi menduduki kursi ketua DPD Golkar Dairi.  Gelar musda yang berlansung tidak sesuai agenda tersbut akhirnya memaksa Sabam Sibarani mundur dalam pencalonan.

Agenda musda yang sudah disusun sejak pukul 09.00 WIB itu tidak dapat dilakukan karena dua kandidat calon ketua Sabam Sibarani dan Eddy Berutu tidak hadir. Hanya satu calon yang muncul yakni Delphi M Ujung. Bukan hanya itu  mayoritas pemilik suara dari PK Golkar kecamatan dan organisasi sayap , pendiri dan pendukung sama sekali tidak hadir. Kondisi itu membuat musda berjalan tidak sesuai agenda.

Ketua Pimpinan Sementara Musda IX DPD Golkar Dairi, Johnny Sitohang bahkan sempat  menyampaikan gagalnya musda dan menunda musda hingga waktu tidak ditentukan memasuki sore hari.

Setahu bagaimana kembali acara muda di buka dan  Sabam Sibarani yang menjabat ketua DPRD Dairi itu menyampaikan sambutan yang intinya  budaya golkar berdampingan dengan pemeirntah. Sabam yang merupakan kandidat terkuat itu akhirnya dengan menyusun kalimat menyampaikan dukungan untuk DR Eddy Berutu sebagai ketua DPD Golkar Dairi. 

Sabam menguraikan reputasi golkar sebagai partai besar di Dairi dan meminta ketua Baru Golkar Dairi untuk tidak mengganti pengurus kecamatan partai Golkar karena menurutnya kader kader terbaik , berpengalaman dan terbukti  handal dalam menjalankan roda organisasi golkar hingga tingkat desa.

Selanjutnya Eddy Berutu menerima pataka  golkar dari DPD Golkar  Propinsi Sumut sebagai pertanda resminya sebagai ketua Golkar Dairi.

Reputasi Sabam Sibarani di Partai Golkar cukup cemerlang. Pria yang memulai karir di partai beringin itu menjabat beberapa posisi di Kepengurusan golkar hingga menjadi sekretaris Golkar kabupaten Dairi. Sejalan itu Pria berambut plontos itu dikenal handal hingga menjabat sebagai anggota DPRD dan dua periode menjabat sebagai ketua DPRD Dairi.

Banyak memperkirakan karir cemerlangnya itu hingga mengangkatnya ke level tertinggi sebagai ketua DPRD Dairi menjadi wajar  sebagai calon Bupati Dairi tahun 2023. Namun saying dalam pertarungan kursi ketua Golkar Dairi jumat kemarin Sabam dikalahkan Eddy Berutu yang sebenarnya menurut persyaratan local sudah dikunci dengan syarat yang tidak mungkin dapat dipenuhi.

Dua syarat yang ditetapkan panitia pendaftaran calon ketua yakni harus pernah menjadi pengurus partai golkar Dairi selama 5 tahun berturut turt dan tidak pernha terdaftar di partai lain sebagai pengurus menjadi syarat yang benar benar menjegal  Eddy Berutu.

Namun surat Dikresi yang ditanda tangani ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto  menjadi tiket Eddy memasuki kancah pemilihan dan mengkandaskan Sabam Sibarani.

Eddy Berutu sendiri dikenal bukan berlatar politik sebelum menjabat Bupati Dairi. Namanya pernah terdafatr di kepengurusan Hanura. Dan dalam pilkada tahun 2018 Eddy Berutu bersama Jimmy Sihombing justru tidak diusung Partai Golkar.  Paslon itu maju didukung PDIP, Gerindra, Hanura, Nasdem Demokrat dan PKPI. (Hen)