Pilkada Politik

Duel Terpanas

pencabutan nomor pilkada dairi

Sidikalang- Dairi Pers : Perjalanan panjang tahapan pilkada Dairi 2018 berakhir dengan ditetapkannya hanya 2 psalon cabup Dairi 2018. KPU Dairi menetapkan Pasangan yang lolos bertarung head to head Eddy Kelleng Berutu- Jimmi Lukita Sihombiong VS Pasangan Depriwanto Sitohang- Azhar Bintang. Pilkada Dairi 2018 bak “ Duel Terpanas” akan strategi dan tekhnik politik memenangkan suara rakyat. 27 Juni 2018 moment penting Nasib rakyat Dairi 5 tahun ke depan.

Salah satu pasangan dari jalur independen Rimso Sinaga dipastikan KPU Dairi gagal jumat (9/2). Pilkada Dairi 2018 ini menjadi pilkada “ngeri ngeri sedap” karena merupakan pilkada pertama kali di Dairi diiikuti  hanya  dua pasangan calon.

Catatan Dairi Pers pilkada Dairi sebelumnya tahun 2008 diikuti 7 pasangan calon. Johnny Sitohang irwansyah pasi menang setelah di babak final mengalahkan Parlemen- Budiman. Tahun 2018  pilkada Dairi diikuti 4 pasangan calon. Incumbent Join Pas kala itu menang tipis dari paslon Luhut Martondang- MG Lingga. Parlemen sinaga yang juga maju berpasangan dengan dr Reinfil Capah kala itu menempati posisi 3.

Pilkada Dairi 2013 disebut sebagai pilkada tanda tanya karena pada kala itu sempat berpasangan Luhut Matondang dan Parlemen Sinaga. Setahu mengapa keduanya akhirnya berpisah.  Hasil pilkada 2013 membuktikan jika saja kedua vigur itu berpasanagan maka kemenangan mutlak   terjadi karena perolehan suara keduanya jauh diatas incumbent kala itu. Incumbent 2013  hanya  memperoleh suara sekitar 34 % saja. Sedang penggabungan suara Luhut dan Parlemen sekitar 65 %.

Agaknya pilkada 2018 ini menjadi pilkada unik dimana pesertanya hanya dua pasangan.  Petahana Johnny Sitohang memajukan “ sang putera Mahkota” Deperiwanto Sitohang sedang dari luar  muncul pendatang baru DR Eddy Kelleng  Ate Berutu  dengan jargon perubahan.

Adu dua strategi paslon ini bakal seru  memasuki masa kampanye . Paslon  Depri- Azhar di dukung dua parpol yakni golkar dan PAN dengan total 15 kursi . Pendukung  paslon ini masih di dominasi pendukung  Join pas yang dulu berkiprah memenangkan petahana dua periode.  Sejumlah wajah baru juga terlihat memilih bergabung kepada anak petahana ini dari pendukung  calon Bupati tahun 2013.

Sementara itu Pasangan Eddy- Jimmi  muncul dengan Jargon perubahan. Didukung  6 parpol pengusung yakni Hanura, PDI P, Gerindra, Nasdem, Demokrat, PKPI paslon ini memiliki 19  kursi .  Para pendukung paslon ini mayoritas dari pendukung Luhutma, dan Parlemen yang tampil di runner up dan rangkin 3 pilkada 2013.

Angka keberuntungan

Sementara itu dalam  pencabutan nomor  paslon yang dilakukan KPU Dairi di bale karina Selasa (13/2) pasalon Depriwanto- Azhar  ditetapkan peserta nomor 1 sedang paslon Eddy- Jimmy paslon nomor 2.   Dua angka kebertuntungan ini akhirnya akan dibuktikan pada 27 juni 2018 mendatang dalam pemungutan suara.

Dalam  konvoi  pendukung  dua paslon ini usai pencabutan nomor peserta  selasa (13/2) di kota Sidikalang terlihat pendukung dua paslon sama sama kuat.  Jumlah kendaraan  dan massa yang muncul juga tidak jauh beda. Hal itu membuat sinyalemen pertarungan  pilkada tahun ini menjadi “ duel panas” antara strategi petahana Johnny Sitohang dengan pendatang baru Eddy kelleng.

Depriwanto Sitohang notabene anak kandung bupati Aktif Johnny Sitohang. Kepiwaian sang orang tua untuk politik lokal Dairi  telah diketahui cukup mumpuni. Mampu menang 2 periode ditengah terpaan isu kurang sedap  kala itu  dugaan  Ijazah palsu . Namun orang nomor satu Golkar Dairi tetap menang dua periode.  Sungguh peran orang tua untuk strategi “sang putra Mahkota” Depriwanto  tidak bisa dipandang sebelah mata.

Pengalaman politik lokal sang orang tua sudah teruji. Bukan itu saja posisi sang ayah yang masih aktif sebagai Bupati Dairi kini justru sangat strategis dalam semua hal terlebih berkaitanb dengan birokrat. Diperkirakan sang orang tua tetap menjadi “ahli strategi” dalam pemenangan puteranya Depri Sitohang.

Sementara itu Eddy Kelleng Ate berutu sama sekali bukan berlatar belakang politik. Propesional di bidang perbankan dan keuangan . Namun dalam perjlanan pencalonannya justru didukung banyak vigur vigur “pemain utama” politik Dairi  seperti Parlemen Sinaga, Luhut Matondang, Julius Gurning,  serta mayoritas pendukung  Luhut ma Parlemen sinaga bergabung memenagkan  Eddy.

Diprediksi pilkada Dairi tahun 2018 merupakan “duel terpanas”  tahun ini. Pilkada ini juga bagai reuni  kembalinya bertarung kepiawaian politikus lokal Johnny Sitohang dengan bersatunya para pendukung kandidat yang dikalahkan dua periode sebelumnya .

Kurang Respon

Sementara itu pantauan Dairi pers respon masyarakat kota Sidikalang akan pilkada Dairi tahun ini terlihat kurang respon. Hal tersebut terlihat  saat konvoi  calon bupati yang berkeliling di kota sidikalang kurang mendapat sambutan antusias warga.  Respon yang diberikan hanya selintas . Pendukung paslon yang mengangkat jari sebagai simbol nomor paslon yang didukung kurang direspon  rakyat yang melihat.

Sementara itu data dari KPU Dairi hingga kini belum ditetapkan jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) pilsung Dairi 2018.  Namun untuk sementara jumlah pemilih sekitar 222.000 pemilih dengan jumlah TPS sebanyak 680. (R.07)