Lokal

DR Eddy Tinjau Perkerasan Jalan TPA Bintang Mersada

Bupati Dairi DR Eddy Berutu mendapat penjelasan dari Kadis Tarukim Dairi Jisler Lumbanbatu

Sidikalang- Dairi Pers : Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu meninjau proyek pengerasan jalan TPA Desa Bintang Mersada pada Jumat (8/11) .  TPA ini merupakan lokasi baru setelah TPA Sidiangkat. “ Kita minta rekanan mengerjakan dengan baik sehingga  prasarana jalan nantinya lancar  ke  lokasi  sehingga TPA mulai dapat difungsikan”

Demikian disampaikan Bupati Eddy Usai meninjau lokasi perkerasan jalan dan lokasi TPA tersebut. Sebelumnya bupati mendapat penerangan dari Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman, Ir. Jisler Lumban Batu sekaitan dengan pembangunan lokasi TPA yang dibangun secara bertahap

Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman Ir. Jisler Lumban Batu  menjelaskan secara  rinci kepada Bupati terkait denah kawasan TPA yang akan dimulai pada bulan Desember 2019. Pembangunan kawasan TPA sudah dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama pembukaan jalan yang sedang dilaksanakan saat ini. “Pembangunan kawasan TPA ini sudah dilaksanakan secara bertahap, yang proses tahap pertama pembukaan jalan tidak mengalami kendala dari masyarakat,” tegas Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman Dairi.

Selanjutnya Ia mengatakan, untuk tahap kedua yaitu pendirian bangunan TPA sampah akan dimulai pada bulan Desember 2019.  Ir. Jisler Lumbanbatu menjelaskan secara rinci terkait desain kawasan TPA . proses pembangunan menggunakan biaya yang berasal dari Pemerintah  Pusat dan biaya untuk operasionalnya telah ditampung dalam  APBD tahun 2019.

Dilokasi ini nantinya direncanakan pengolahan sampah dapat menghasilkan sumber energy baru dari sampah yang diolah.  Direncanakan dilokais ini ada dua UPT yakni  Laboratorium yang akan menguji kualitas air, tanah, dan udara, sementara Persampahan yang akan menangani sampah serta limbah hasil dari pengolahan sampah.

Sementara itu, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu berharap pembangunan TPA yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan sukses dan kelak memberikan manfaat bagi masyarakat. Beliau juga mengimbau dalam pengelolaan TPA sampah nanti agar dilaksanakan secara Swakelola dengan mengikut sertakan masyarakat yang sesuai dengan kualifikasi. “ Semoga tahap pembangunan TPA ini dapat berjalan dengn baik, memberikan manfaat bagi masyarakat, energy yang dihasilkan nantinya dapat dipergunakan , serta meningkatkan PAD Kabupaten Dairi, “ sebutnya.

Dikatakan Bupati lokasi TPA Bintang Mersada  sudah sangat strategis keran tidak terlalu jauh dari pusat kota Sidikalang. Namun lokasinya  cukup mendukung karena jauh dari lokasi permukiman serta kontur medan tanah  yang bergelombang cukup membantu   sehingag bisa menghindari polusi .  “ Kita berharap nantinya rakyat diikutsertakan tentunya diserta kualifikasi yang tepat. Sehingga pengolahan sampah ini bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat  yang tidak jauh dari lokasi. TPA harus dikelola dengan tepat dna benar karena cukup rentan terhadap isu lingkungan dan polusi. Intinya dibutuhkan prospesionalisme pengelola serta sensitif terhadap isu lingkungan dan kesehatan” jelasnya (Ipen)