Lokal

Djarot Ingatkan Eddy Berutu : Lae…Dairi Itu Bisa Seperti Malang

Djarot Syaiful Hidayat, Eriko Sotarduga dan Bupati Dairi Eddy Berutu

Jakarta- Dairi Pers :  Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat yang bertemu dengan Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu Senin (27/7) di Jakarta mengingatkan potensi luar biasa yang dimiliki Dairi . Lae… Potensi Dairi itu luar biasa mulai dari pertanian, pariwisata , budaya . sumber daya  Dairi bisa seperti Malang di Jawa Timur atau Solo di Jawa tengah. Hayo kita diskusi dan saling tukar menukar informasi

Demikian Djarot Syaiful Hidayat didampingi ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga saat ngopi bareng .  Dua petinggi PDI Perjuangan  yang kini wakil rakyat di DPR RI itu ternyata  mempunyai historical dengan Dairi dimana Eriko Sotarduga kampung halamannya di silima Punggapunga sedang Djarot mempunyai keterkaitan batin saat memang mutlak di Dairi saat mencalonkan diri sebagai gubernur Sumut.

Dairi perbincangan ringan legislator tingkat pusat itu bersama bupati Dairi diketahui  jika orang tua Eriko Sotarduga merupakan sahabat baik ayahanda Bupati Dairi  alm Valentin Berutu . “Lae aku ingat Bapak pernah cerita saat di PTPN dulu, Orang tua kita itu punya hubungan yang cukup bagus. Beliau sempat cerita ke saya saat ayahandanya lae hendak memimpin PTPN II. Gak nyangka juga kita bisa ketemu seperti ini ya, “ sebut Eriko kepada Eddy Berutu.

Eriko Sotarduga yang merupakan anggota komisi XI mengaku jika dirinya tidak asing dengan tanah Dairi dan mengaku akrab dengan tanah Dairi. Dirinya juga bahkan menyampaikan ke depan sebagai legislatif di tingkat pusat akan memberikan dukungan dan perhatian ke Dairi.

“Di Dairi itu kampung lae saya, tepatnya di Silima Pungga-Pungga. Kita siaplah untuk bantu, apalagi Sumatera itu kan tanah leluhur kita. Kalau asal saya sebenarnya dari Tongging, Karo. Hubungan jangka panjang harus kita bangun. Dengan niat dan kerja keras pasti kita akan bisa bangun kampung halaman,” sebut  Eriko Sotarduga

Sementara Djarot Saiful Hidayat menyampaikan wilayah Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi alam yang luar biasa, termasuk potensi di wilayah Kabupaten/ Kotanya yang harus dikembangkan.

“Harus ada kabupaten di Sumatera Utara yang jadi seperti Malang, Solo  nah..Dairi itu  punya semua bisa menjadi favorit di Sumatera Utara. Saya sudah kelilingi  Dairi,  potensi  semua ada .Mari kita buat satu percontohan pertanian yang akan membangkitkan gairah petani. Membawa harum nama Dairi “ sebut Djarot yang juga Plt. Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera itu .

Djarot meminta DR Eddy Berutu untuk memikirkan sekaligus membawa nama pahlawan TB Simatupang dan Pahlawan Liberty Manik untuk diabadikan menjadi nama salah satu jalan di Dairi. ” ini penting karena nama keduanya itu sudah diakui sebagai pahlawan nasional. Keduanya orang Dairi maka pantas nama mereka diabadikan sebagai histori sejarah kota kelahirannya, sebut Djarot

Bupati Dairi  Eddy Berutu  menyebutkan pertemuannya dengan dua tokoh Partai Penguasa itu membuka banyak kesempatan dan paluang untuk kemanjuan Dairi . Motivasi dan dukungan yang diberikan untuk visi misi kabupaten Dairi  sangat tepat dikala Dairi tengah melangkah untuk perubahan yang lebih baik.

Dikatakan  Eddy Berutu tpotensi dan luas daerah Dairi yang luasnya 3 kali kota Jakarta atau 8 kali luas kota Medan, begitu juga dengan kesuburan tanah yang dimiliki dan berbagai komoditi unggulan seperti kopi, jagung, durian dan sebagaianya maka Dairi akan semakin cepat maju.

Dukungan masukan  dari tokoh parpol, praktisi dan dukungan semua stakeholder tentunya akan bermuara pada percepatan pencapaian perubahan Dairi. “ saya mendapat motivasi dan masukan dari kedua tokoh besar ini betapa mata saya terbuka dengan potensi yang ada serta jaringan yang diperkenalkan. Tentunya Dairi membutuhkan masukan masukan demikian . karena sesungguhnya masukan yang baik dan brilian hadir dari orang yang mungkin tidak kita duga” sebut Eddy (Hen)