Kabupaten Pakpak Bharat Kriminal

Ditreskrimsus Amankan “ MLL” Diduga Penyebar Isu SARA di Pakpak Bharat

MLL Dijemput dan diboyong Ditreskrimsus Poldasu

Medan- Dairi Pers :  Kasus dugaan penyebaran isu SARA di Pakpak Bharat sekaitan pilkada yang tengah bergeliat kini kembali menelan korban. MLL warha Pakpak Bharat  oknum yang diduga penyebar isu SARA terpaksa diamankan Ditreskrimsus kamis (8/10) dini hari.  MLL tak berkutik saat dijemput Kemudian langsung diboyong ke Polda Sumut guna proses penyidikan.

Dikutip dari  MB Daily Subdit V Cybercrime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) mengamankan EB alias MLL .

“Ya benar, yang bersangkutan telah diamankan ,” ungkap Direktur Reskrimsus Polda Sumut Kombes Pol Rony Samtana, Kamis (8/10).

Rony menyebutkan, saat ini tersangka masih dalam proses pemeriksaan untuk melengkapi berkas perkara (BAP). “Yang bersangkutan masih diperiksa penyidik,” tandasnya.

Menanggapi penangkapan ini, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut, Baskami Ginting, mengapresiasi tindakan Polda Sumut yang bergerak cepat dalam menangkap terduga pelaku penyebar isu SARA di Pakpak Bharat.

“Saya juga minta agar Polda Sumut afar mengusut siapa aktor dibalik perbuataanya dan juga dapat diadili,” katanya.

Dia pun berharap agar perbuatan seperti itu tidak terulang lagi dalam pesta demokrasi (pilkada) di Sumatra Utara (Sumut). “Jangan ada fitnah, jangan muculkan isu SARA dan hindari money politik. Kalau mau bertarung ya bertarunglah secara jujur,” pungkasnya.

Diadukan SARA

Sebelumnya, menjelang pemilihan kepala daerah (pemilukada) Kabupaten Pakpak Bharat, isu suku, agama, ras (SARA) mulai ‘dimainkan’ oknum timsukses calon kepala daerah tertentu. vidio penolakan dan ancaman terhadap ‘suku Karo’ agar tidak menggunakan hak pilihnya kepada salah satu calon kepala daerah .Kasus itu tengah ditangani  Polda Sumut atas dasar dua laporan masyarakat Pakpak Bharat bermarga Tarigan.

Girsang Tarigan (44) warga Traju Siempat, Rube, korban intimidasi oknum timses kepala daerah Pakpak Bharat juga telah membuat laporan ke Sentra Pelayanan Terpadu (SPKT) Polda Sumut. Ia melaporkan tim sukses (timses) calon kepala daerah Pakpak Bharat  dengan inisial “MLL” dengan undang-undang Informasi & Transasi Elektronik (ITE).

Girsang Tarigan menyebut kalau terlapor mengusirnya menggunakan isu SARA (Suku, Ras dan Agama). “saya berhak untuk melaporkan dia, karena saya dan masyarakat Suku Karo sangat sakit hati dengan pernyataan tersebut, apalagi pernyataan itu disebar di media sosial dan dilihat khalayak ramai,”sebut  Girsang di  SPKT Polda Sumut,Sabtu (3/10) silam.  (Hen)