Lokal

Ditanya Soal DD, Kaur Tapem Desa Pegagan Julu V Malah Tawari Amplop

Kiri kades Pegagan Julu V Sabar Situmorang (Kanan) Oknum Kaur Tapem Yang tawari Amplop

Sidikalang-Dairi Pers: Tak satupun plank maupun keterangan penggunaan dana desa  Pegagan Julu V, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi tahun 2019. Fisik penggunaan dana juga seakan misterius berbeda dengan desa lain. Saat Dairi Pers menyambangi kantor Kepala desa Pegagan Julu V Selasa (14/1) justru disodori amplop diduga berisi uang. Saat disampaikan kehadiran Dairi untuk mengkonfirmasi penggunaan dana desa tahun 2019, staf malah  memilih wajah tegang agar tidak melanjutkan konfirmasi.

Dairi Pers yang mempertanyakan sama sekali tidak ada plank dan transparasi penggunaan dana desa di kantor kepala desa  tidak digubris stafnya. Bahkan belakangan diketahui oknum kaur Tapem desa pegagan julu V itu mengatakan kalau kepala desa hanya pagi masuk kantor. “ Hanya pagi beliau mask, jam delapan biasanya sudah pergi “ sebut Situmorang beralasan.

Oknum perangkat desa yang menawarkan amplop diduga berisi uang itu diketahui sebagai kaur pemerintahan (Tapem) bermarga situmorang saat ditanyakan soal fisik dan lokasi penggunaan dana desa 2019 itu malah kembali menyodorkan amplop dan  mengatakan titipan dari pak kades.

Beberapa kali ditanyakan Dairi Pers akan keberadaan oknum kepala desa sabar Situmorang dijawab stafnya ponselnya tidak dapat diakses. Demikian juga saat diminta untuk bertemu kepada sekdes Sardiun Siburin tetap mendapat jawaban sama pura pura dihuhungi melalui ponsel dan jawabnya ponsel sekdes tidak aktif.

Sementara itu informasi yang diperoleh Dairi Pers dari warga setempat menyebutkan kalau dana desa pegagan julu V sudah dalam dua tahun terakhir tidak jelas dialokasinya. Bahkan disebutkan kalau masyarakat tidak bisa terlalu banyak bertanya akan keberadaan dana desa karena khawatir akan dipesulit nantinya mengakses berbagai bantuan pemerintah.

Informasi lainnya menyebutkan dugaan kuat kalau dana desa 2019 sama sekali tidak dikerjakan. Namun untuk pertanggung jawabannya diduga kuat manipulasi hanya diatas kertas seakan akan dikerjakan . Padahal dilapangan sama sekali tidak ada ( Rait /Agam)