Peristiwa

# Dirumah Saja, Kota Sidikalang Sepi

Suasana Kota Sidikalang sepi Rabu (25/3) malam

Sidikalang- Dairi Pers : Terhitung sejak Rabu (25/3) kota Sidikalang sepi dan masyarakat mengikuti gerakan # Dirumah Saja sekaitan penyebaran Virus Covid 19.  Mobilitas warga dan lalulintas terlihat lengang  sedang warga yang terpaksa keluar rumah terlihat mengenakan masker.

Pantauan Dairi Pers. Com Rabu (25/3) jelang magrib suasana  kota Sidikalang yang biasanya ramai sekaitan hari libur nyepi biasa diramaikan dengan kendaraan kini terlihat lengang. Kaula muda yang biasa menggeber sepeda motornya di pusat kota simpang empat  Sidikalang sudah tidak terlihat.

Sementara itu sejumlah cafe dan pusat jajanan terlihat sudah tutup. Sedang beberapa rumah makan tetap buka meski terlihat sepi calon pembeli. Sementara beralih sedikit dipinggiran di daerah Panji sibura bura masih  terlihat warung dan kedai tuak yang membuka usahanya disertai beberapa pengunjung menikmati sajian minuman yang menjadi budaya di Dairi tersebut.

Hal serupa juga terlihat disekitar jalan pancuran meski jumlah pengunjung kedai tuak sudah jauh menurun. Disebutkan kini peminat minuman tradisional itu lebih banyak memesan untuk dibawa pulang k erumah.

Sementara itu kamis (26/3) setelah libur Nyepi suasana perkantoran di kota Sidikalang tetap melakukan pelayanan publik. Namun terlihat  ASN lebih konsentrasi dalam penanganan virus Covid-19. ASN terlihat umumnya menggunakan masker dan bekerja seperti biasa.

Pembicaraan seputaran virus corona masih menjadi trending utama dikalangan masyarakat Dairi. Tukar menukar infromasi cara membuat Sanitizer juga terlihat hingga pembahasan salah satu pasien PDP Corona asal bandar selamat. Sidikalang, Dairi.

Salah seorang pengusaha Rumah Makan di Sidikalang Tanjung yang dikonfrimasi Dairi Pers perihal pembeli mengakui ada penurunan  jumlah orang yang makan di rumah makannya. “ Sejak minggu terus menurun dan sekarang sekitar 30 %. Memang banyak yang membeli paket untuk dibawa pulang ke rumah. Kita juga maklum karena isu corona ini” sebutnya.

Pengusaha rumah makan ini menyebutkan tindakan pemkab Dairi langsung melakukan penyemprotan disinfektan ke beberapa titik  tempat keramaian menjadi hal positip dan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat. “ Kami perhatikan setelah dimulai Bupati Dairi penyemprotan disinfektan di pasar Sidikalang kini ditindaklanjuti sejumlah kalangan TNI polri ditempat tempat umum membuat rakyat  merasa nyaman dan mengurangi rasa khawatir. Bagi kami pengusaha rumah makan tindakan itu tentunya sangat membantu sehingga warga tidak terlalu khawatir dan bisnis rumah makan sedikit terbantu” jelasnya. (Hen)