Lokal

Diknas Dairi Edarkan Surat Larangan Jual LKS

Plt Kadis Pendidikan Dairi Besli Pane

Sidikalang- Dairi Pers : Plt Kepala dinas Pendidikan Dairi Besli Pane melalui surat Nomor 421/0256/2020 tanggal 22 Januari 2020 mengirimkan surat kepada seluruh kepala sekolah SMP di Dairi perihal larangan penjualan buku LKS (Lembar kerja Siswa) disekolah sekolah. Tidak mengarahkan siswa untuk membeli LKS apalagi mengarahkan ke salah satu toko buku.

Demikian disampaikan Plt Kepala dinas Pendidikan Dairi Besli Pane saat diwawancarai Dairi Pers jumat (24/1) di kantornya.  Dikatakan Besli Pane berdasarkan UU No. 3 Tahun 2017 tentang sistem perbukuan telah diatur jelas tata buku disekolah. Berdasar UU tersebut maka dinas pendidikan Dairi membuat turunannya sebagai penegasan  dalam  Surat Nomor 421/0256/2020 tanggal 22 Januari 2020 yang intinya mengingatkan kembali sekolah dan guru akan aturan dan peraturan tentang buku, Jelasnya

Disebutkan atas banyaknya keluhan dan berkembangnya berbagai infromasi media dan masyarakat sekaitan pembelian LKS selanjutnya dinas pendidikan Dairi turun ke lapangan untuk memvalidasi informasi yang ada. “Untuk mengingatkan kembali maka kita sampaikan kepada guru dan kepala sekolah untuk mentaati UU No. 3 tahun 2017 perihal perbukuan dan untuk tidak memberatkan orang tua dari berbagai pungutan, tambahnya.

Sementara itu surat edaran yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Dairi tertanggal 22 Januari 2020 berisikan point  sekolah maupun  guru baik secara pribadi atau kolektif dilarang menjual buku LKS. Pihak sekolah maupun  guru baik secara pribadi atau kolektif dilarang mengarahkan siswa membeli LKS di toko buku tertentu. Dalam mengajar tidak menjadikan LKS sebagai alat utama pembelajaran dan bahan pekerjaan rumah siswa. Jika sekolah menggunakan LKS yang merupakan karya guru MGMP yang didanai sekolah sehingga siswa tidak perlu mengeluarkan biaya.

Beli Pane menyebutkan tentunya setelah surat tersebut diedarkan ke sekolah SMP maka pengawasan terus dilakukan oleh perangkat dinas pendidikan. “ Bupati Dairi Eddy- Jimmy menetapkan pendidikan sebagai salah satu sektor utama dalam pilar pembangunan Dairi. Semua hal berkaitan dengan pencapaian visi misi beliau harus disikapai para dinas guna percepatan pencapaian hasil. Tentunya respon cepat dan berkesinambungan menjadi bagian dari keberhasilan itu, katanya.

Dikatakan Besli Pane akan halnya aturan penjualan Buku atau LKS sudah lama ada dari pemerintah pusat. Namun demikian penguatan dan penegakan aturan itu harus dilalakukan di Daerah. Kita sepakat menjadikan Dairi Unggul bidang pendidikan  tanpa harus melanggar aturan yang ada.

Untuk itu kita instruksikan kepada seluruh sekolah SMP di Dairi  untuk segera menertibkan bila mana sudah terlanjur melakukan tindakan penjualan buku atau LKS. Mari fokus dengan aturan dan menjadikan sekolah nyaman bagi semua, pungkasnya (Hen)

def