Hukum

Diduga Oknum Kadishub Dairi “PL”kan Proyek ke Keluarganya Panik Sendiri, Begini Ceritanya

Kepala Dinas Perhubungan Dairi Drs. Datulam O Padang MM

Sidikalang- Dairi Pers : Tiada kebohongan yang sempurna. Demikian mungkin kalimat yang tepat untuk oknum Kadis Perhubungan Dairi Datulam Padang sekaitan dengan Proyek pengaman jalan di desa Tumanggor kecamatan Sumbul Dairi senilai Rp. 186,355,153.  Sepertinya proyek ini akan menjadi pintu masuk dugaan praktek nepotisme  yang selama ini terjadi di tubuh Dinas Perhubungan Dairi. Indikasi kuat dugaan oknum kepala dinas Drs. Datulam Ojahan Padang, MM sudah lama berlaku nepotisme dalam melakukan Penunjukan Langsung (PL) atas proyek dinas tersebut kepada keluarganya mulai terkuak.

Dalam wawancara lanjutan Dairi pers Jumat (20/11) di ruangan kerjanya sekaitan pemberitaan Proyek pegadaan dan pemasangan pagar pengaman jalan ( Guardrail), yang dikerjakan CV Imoya PM bermasalah. Oknum Kadis Perhubungan Dairi Datulam Padang terlihat panic.

Dalam wawancara tersebut Oknum kepala dinas Perhubungan Dairi Datulam padang mengatakan dan bersikukuh kalau proyek yang dikerjakan CV Imota PM itu sesuai RAB. “ Sudah sesuai RAB itu namun karena diributi media besok kita ganti saja . tekhnisinya besok sudah dating dari Medan” sebut Datulam kepada Erikson Sirait

Saat ditanyakan kembali mengapa harus diganti kalau sesuai RAB, Datulam terlihat panic dengan bermanusver kalimat agar lebih tebal “ kita cari yang lebih tebal dan stikernya lebih bagus” ucapnya sambil terlihat panic sendiri.

Sebagaimana diketahui proyek ini diduga bermasalah  .Diantaranya dari pembuatan sticker Guardrail Reflektor atau sering yang disebut  dengan sebutan” lampu mata kucing” ,tidak sesuai RAB. Yang seharusnya sticker Reflator 3m ( Tiga dimensi) untuk alat pemantul sinar lampu sebuah kendaraan bermotor yang berfungsi  menerka sisi pembatas jalan.

Namun di Proyek yang dikerjakan  hanya mempergunakan sticker biasa,dan plat besi pegangan sticker Reflator yang terlalu tipis diduga tidak sesuai gambar kegiatan,. P emasangan mur tiang dan mur sambungan yang tidak semuanya terpasang dan las mur tiang asal jadi,besi baja pagar pembatas jalan yang sudah berkarat. 

Diduga juga jenis dari pada besi baja tidak sesuai tipe maupun ketebalan dari pada besi baja( Pagar pembatas) tersebut,. Proyek pekerjaan pembuatan pengaman jalan ini diduga asal jadi

CV Imoya PM

Sementara itu hasil penelusuran Dairi Pers menyebutkan pengurus badan usaha tersebut yakni Friend Maju Manik masih family dekat oknum kepala dinas. Tempat badan usaha di kelurahan batang beruh juga disebut sebut warga sekitar ditempati putera kandung  oknum kepala dinas Datulam Ojahan Padang. Besar dugaan kekuasan yang dimiliki oknum kepala dinas telah dimanfaatkan untuk melakukan penghujukan langsung perusahaan yang berada dibawah naungan keluarganya. Bukan itu saja dugaan lainnya juga muncul jangan jangan perusahaan tersebut justru milik oknum kadis yang mengatasnamakan nama orang  lain.

Masih dalam wawancara jumat (20/11) diruangan kerja kadis Perhubungan Dairi  Datulam Ojahan Padang meminta agar tidak mempublikasikan foto alamat CV Imoya PM . “ tolonglah agar perusahana itu tidak usah dimediakan karena nanti akan kami tambah lagi nanti 6 perusahaan lagi disitu. Jadi tidak usah dipublikasi publikasi” sebutnya.

Wartawan yang meminta mempertegas kalimatnya tersebut apakah lokasi tersebut asosiasi kontraktor sehingga bertambah nama perusahaan. Kembali oknum kepala dinas yang sudah panic itu makin bingung menjawab.

Justru jawaban oknum kepala dinas ini semakin mengindikasikan perannya yang kuat dalam melakukan penunjukkan langsung setiap proyek di dinas yang dipimpinnya. (Erikson Sirait)