Kriminal

Diduga Ini Alat Untuk “Menghabisi” Dahlan Purba, Polres : 1 TSK DPO

Sebongkah Batu besar yang diduga digunakan untuk menganiaya korban

Sidikalang- Dairi Pers : Polres Dairi menunjukkan sejumlah barang bukti yang diduga dijadikan sebagai alat untuk “menghabisi” Dahlan Purba (46) warga Kalang Simbara, kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi yang diduga tewas dikeroyok 6 orang pelaku. Sebongkah batu berukuran sekitar 7 s/d 10 kg masih berlumuran darah ditunjukkan dijadikan barang bukti diduga digunakan menghantam korban.

Sementara itu sepotong bambu bulat panjang sekitar 1 meter juga ditunjukkan polisi. Dan satu senapan angin yang gagangnya sudah patah diduga juga turut digunakan untuk menganiaya korban. Setelah sebelumnya diduga korban menggunakan senapan angin tersebut untuk menembak salah satu tersangka RA yang kini masih terbaring di RSU Sidikalang.

Sepotong Bambu dan senapan angin

Sebagaimana diketahui polres Dairi telah mengamankan 5 tersangka salah satu diantaranya wanita inisial MLA. Tersangka lainnya NN, RS, MS dan yang tertembak RA. Sedang satu orang yang masih buron inisal RS.

Malam naas itu disebutkan kalau korban Dahlan Purba yang akrab dipanggil “pestol” tersebut diduga bertengkar dengan 6 orang tersangka . Setahu bagaimana malam yang sudah beranjak larut sekitar pukul 23.00 WIB itu terdengar suara letusan senapan angin yang belakangan diketahui mengenai salah seorang bernama RA. Kejadiannya Pancuran di desa kalang simbara, kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi persis di depan rumah orang tua korban . Dua desa lae pinang dan Kalang simbara masih bertetangga.

Selanjutnya terdengar suara gaduh hingga belakangan diketahui seseorang telah tergeletak di pinggir jalan dengan kondisi mengenaskan. Korban diketahui bernama Dahlan Purba yang tewas persis di depan rumah orang tuanya.

Korban yang pada malam itu menggunakan jeans biru dan baju biru lengan panjang ditemukan mengenaskan dengan kepala berlumuran darah. Polisi yang akhirnya mengevakusi korban ke RSU Sidikalang justru mendapatkan informasi kalau di lokasi juga ada korban luka tembak senapan angin. Korban luka tembak itu RA yang ternyata terlibat dalam tewasnya korban Dahlan Purba.

Berdasar keterangan itu polisi akhirnya menciduk 4 tersangka lainnya. Namun satu orang atas nama RS masih buron dan polisi terus mencari keberadaannya.

Dari barang bukti yang ditunjukan polisi diduga kuat kronologinya korban Dahlan yang awalnya melakukan penembakan terhadap RA akhirnya dikeroyok 5 temannya. Diduga para tersangka berhasil merebut senapan angin dari tangan korban dan berbalik menggunakan gagang senapan menghakimi korban. Batu besar yang berada di pinggir jalan dan sebatang bambu juga diduga digunakan untuk menganiaya korban.

Korban yang sehari harinya sebagai anggota  LSM itu ambruk dan tewas secara mengenaskan. (Hen)