Ekonomi

Di Tanah Pinem Bupati Eddy Minta Fokus Bumdes

DR Eddy Berutu Bertemu Kades se Kec. Tanah Pinem

Sidikalang- Dairi Pers : Dalam lawatan Bupati Dairi DR Eddy Berutu ke Tanah Pinem berjumpa dengan kepala desa se kecamatan Tanah Pinem Selasa (19/1/2021)  meminta agar menggerakkan Bumdes.  Hal itu sejalan dengan pemulihan ekonomi Nasional  setelah melambat akibat Covid 19.

Pertemuan yang berlangsung di kantor Camat Tanah Pinem itu mengumpulkan kepala desa se Tanah Pinem meminta untuk tertib administrasi dan taat peraturan  dan paling utama Anggaran harus di alokasikan sesuai dengan fungsinya. Disamping itu anggaran yang ada di Desa maupun Kecamatan harus sejalan dengan anggaran yang di tingkat Kabupaten.

Hal itu menurutnya akan sesuai  dengan program RPJMD. Disamping itu dengan keselarasan maka focus terhadap target pencapaian pembangunan. “ Kondisi Negara dengan focus pemulihan ekonomi maka disetiap daerah harus disikapi dengan mengangkat potensi yang ada, mengembangkan potensi yang telah diekploitasi hingga muncul pertumbuhan ekonomi local di desa.

Dikatakan serang Pandemik Covid 19 telah melemahkan hamper disemua bidang perekonomian masyarakat. Maka kebangkitan perekonomian desa  juga harus mengambil peran penting sehingga warga perlahan akan mindiri dan terjadi perubahan ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya.

Bumdes tentunya memilih yang berkaitan dengan potensi perekonomian desa. Karena sesungguhnya desa mempunyai banyak peluang ekonomi dari mikro hingga potensi makro.

Eddy meminta Camat Tanah Pinem untuk konsen terhadap penggerakan Bumdes dimana desa yang sudah mempunyai Bumdes untuk dikembangkan dan melibatkan lebih banyak lagi warga . Disisi lain desa yang belum ada Bumdesnya  untuk secepatnya didorong sehingga muncul pertumbuhan ekonomi desa. ( Hen)