Hiburan

Di Pesparawi Bupati Dairi Serukan Kerukunan dalam Keberagaman

Bupati Dairi /wabup Eddy- Jimmy saat pembukaan Pesparawi 2019

Sidikalang- Dairi Pers : Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu membuka  Pesta Paduan Suara Gerejawi ( PESPARAWI ) Kabupaten Dairi  di sopo godang HKBP Sidikalang  Rabu (27/11). Dengan Pesparawi ini kita berharap semakin memperkaya dan memperkuat pemahaman umat kristiani bahwa masyarakat Kabupaten Dairi merupakan masyarakat yang majemuk, namun memiliki standart kesatuan yang tinggi.  Kegiatan ini bukan sekedar bernyanyi, tetapi harus diarahkan kepada tujuan utama yaitu memuliakan nama Tuhan melalui segala tingkah laku, mindset, perilaku, dan pola pikir yang mencerminkan persekutuan umat Kristen yang berdasarkan kasih. “ Saya percaya bahwa keberagaman kita sebagai bangsa, baik suku, agama dan keberagaman budaya mengikat nilai – nilai untuk saling menghargai dan menghormati. Dalam keberagaman itu melekat pula nilai – nilai makna sebagai perwujudan dari Bhinneka Tunggal Ika.

Demikian Bupati dalam pesparawi yang dihadiri Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Dairi sekaligus Ketua Panitia Pelaksana PESPARAWI Dairi Drs. Ramlan Sitohang, Unsur Forkopimda Dairi, PKK Kabupaten Dairi, DWP Kabupaten Dairi, Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Provinsi Sumatera Utara, Dewan juri Pesparawi Kabupaten Dairi 2019, panitia, Pimpinan OPD Kabupaten Dairi, Camat se- Kabupaten Dairi, serta para Pendeta dan Pengurus Gereja Se – Kabupaten Dairi.

Panitia Pelaksana kegiatan Pesparawi Kabupaten Dairi Drs. Ramlan Sitohang mengatakan Pesparawi Kabupaten Dairi tahun 2019 bertujuan sebagai wahana pemanfaatan keagamaan bagi semua Umat Kristiani dari seluruh denominasi Gereja.   Pesparawi ini dihimpun dalam satu kontingen untuk memberikan persembahan pujian  kepada Tuhan yang Maha Kudus. Selain itu kegiatan Pesparawi Kabupaten Dairi tahun 2019 sebagai persiapan untuk mengikuti Pesparawi tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan ini  dinilai oleh 3 orang juri independent untuk memperebutkan piala bergilir Pesparawi dewasa. Yakni Hothita Banurea, Hendra Fischer Lingga serta Rudolf Nababan.

Selanjutnya Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan Pesparawi yang dilaksanakan pada tahun ini dapat menambah makna bagi umat Kristiani seperti tahun – tahun sebelumnya, karena merupakan sebagai wahana pemantapan wawasan keagamaan khususnya bagi umat Kristiani.” Melalui persembahan puji – pujian Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, maka umat Kristiani diasah dan diperdalam kualitas spiritualitasnya, serta mendiri teguhkan kadar keimanan dan cinta kasih yang tulus kepada Tuhan dan begitu juga kepada sesama,” ujarnya

Dikatakan  nilai – nilai kesatuan dan persatuan perlu terus dipupuk dan dilestarikan sebagai pilar – pilar yang utama penyangga dalam melanjutkan pelaksanaan pembangunan. “ Tanpa kerukunan , tanpa kedamaian, tanpa ketenangan maka sangat sulit bagi kita untuk membagnun bangsa bahkan dusun kita sendiri, bahkan keluarga kita sendiri. Kerukunan itu adalah pilar penting bagi kesejahteraan umat,” ujar Bupati.

Bupati mengharapkan umat Kristiani khususnya Masyarakat Kabupaten Dairi dapat menampilkan keteladanan yang positif dalam mewujudkan toleransi dan kerukunan hidup antar umat beragama.

Sementara itu hasil Pesparawi 2019 Juara I sidikalang, juara II sumbul, juara III siempat nempu, juara harapan I pegagan hilir, juara harapan II parbuluan, juara harapan III silima pungga pungga, dirigen terbaik dari kec. Siempat nempu. (Ipen)