Pariwisata

Dermaga Wisata Silalahi Operasional Desember 2019

Bupati Dairi DR Eddy Berutu saat meninjau dermaga silalahi

Sidikalang- Dairi Pers :  Meski hari libur kerja Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu  memanfaatkan waktu untuk meninjau sejumlah proyek dan pekerjaan infrastruktur di Dairi. Sabtu (9/11)  Bupati meninjau pembangunan pelabuhan dermaga wisata di Desa Silalahi II, Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi pada Sabtu (9/11). “ saya berharap ini rampung dan desember sudah dapat digunakan masyarakat, Desember lokasi ini akan menjadi tujuan  wisata . Maka finishing dermaga ini harus jadi prioritas”

Demikian disampaikan DR Eddy Berutu saat meninjau pembangunan dermaga silalahi. Pembagunan dermaga ini juga dilengkapi tempat parkir di Desa Silalahi II yang bersumber dari  Dana Alokasi Khusus (DAK).

Bupati Dairi mengatakan pembangunan dermaga tersebut jika sudah selesai nantinya pada Desember 2019, akan di resmikan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi. “Mari semua jajaran  OPD Pemerintah Kabupaten Dairi terkait agar menyebarluaskan informasi tentang dermaga wisata Silalahi mengingat pada bulan Desember nanti akan banyak masyarakat atau wisatawan yang akan pulang ke kampung halaman untuk menghabiskan liburan, sehingga masyarakat serta wisatawan dapat singgah di Tao Silalahi untuk menghabiskan liburannya.

Perputaran ekonomi masyarakat di kawasan Tao Silalahi akan semakin meningkat dan kawasan Tao Silalahi jika dermaga ini difungsikan.  “ Kita melihat silalahi sangat potensial sebagai kota masa depan . Kota yang bisa menjadi lokasi dolar lokasi sumber devisa dari wisata yang dimiliki.  Pembangunan sektor wisata daerah ini menjadi perhatian pemkab Dairi seiring pemerintah pusat sudha menetapkan danau toba sebagai kota tujuan wisata . Kita harus ambil bagian dalam pembenahan  silalahi sabungan sehingga menjadi daerah tujuan wisata” jelasnya

Dikatakan Bupati sarana dan prasanara wisata di silahi sabungan akan dibenahi secara bertahap . Disamping itu disebutkan Bupati pemkab Dairi wellcome dan terbuka bagi dunia usaha yang akan berinvestasi di Silahi sabungan berupa pengusaha hotel, pengusaha wisata air danau dan ragam permainan air yang mungkin diminati investor. Kita berikan kemudahan sehingga pertumbuhan wisata daerrah ini lebih cepat” sebutnya.

Dikatakan Eddy Berutu promosi menjadi snagat penting dalam mempopulerkan daerah wisata sehingga semua pihak diharapkan menyebarluaskan infromais akan indahnya pantai silalahi. Dengan demikian kunjungan wisatawan otomatis akan menaikkan pendapatan warga setempat, sebutnya.

DR Eddy Juga menyebutkan kesiapan dan dukungan warga sekitar lokais wisata juga menjadi penentu akan suksesnya daerah wisata. Untuk itu disebutkan pemkab Dairi akan menginisiasi pertemuan bersama tokoh masyarakat setempat sehingga ikut mendukung dalam pembenhana wisata di silahi sabungan, sebutnya.

Selain meninjau pembangunan dermaga wisata, Bupati Dairi juga meninjau dinding PLTA yang rencananya akan di jadikan sebagai objek wisata serta mengunjungi pembangunan home stay di Desa Silalahi II. (Hen)