Ekonomi

David PNSM Tambunan Pimpin Kadin Dairi

Jogi Tambunan diapit Ketua Kadin Sumut Ivan Batubara dan wakil ketua Umum Kadin Sumut

Sidikalang-Dairi Pers : David PNSM Tambunan atau yang lebioh dikenal dengan sebutan Jogi Tambunan dilantik menjadi ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Dairi. Bersama puluhan kepengurusan lainnya dilantik oleh ketua Kadin Sumut Ivan Batubara kamis (25/2/2021) di balai budaya Sidikalang.

Ivan Baturabara dalam sambutan pelantikan menyebutkan agar sesegera mungkin Kadin Dairi menyesuaikan diri dalam pembenahan intern dan mitra sejajar dengan pemkab Dairi. Kadin sebagai organisasi pengusaha yang sudah berpengalaman menjadi basis dalam pertumbuhan ekonomi. Pengusaha Indonesia menyadari sedalam-dalamnya bahwa dunia usaha nasional yang tangguh merupakan tulang punggung perekonomian nasional yang sehat dan dinamis dalam mewujudkan pemerataan, keadilan dan kesejahteraan rakyat, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam upaya meningkatkan ketahanan nasional dalam percaturan perekonomian regional dan internasional.

Sementara itu David PNSM Tambunan dalam sambutannya menyampaikan Kadin sebagai organisasi pengusaha sesuai Undang Undang Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri menetapkan bahwa seluruh pengusaha Indonesia di bidang usaha negara, usaha koperasi dan usaha swasta adalah bagian dari kadin.

Kadin sebagai wadah dan wahana pembinaan, komunikasi, informasi, representasi, konsultasi, fasilitasi dan advokasi pengusaha , dalam rangka mewujudkan dunia usaha  yang kuat dan berdaya saing tinggi yang bertumpu pada keunggulan nyata sumber daya nasional, yang memadukan secara seimbang keterkaitan antar-potensi ekonomi nasional, yakni antar-sektor, antar-skala usaha, dan antar-daerah, dalam dimensi tertib hukum, etika bisnis, kemanusiaan, dan kelestarian lingkungan dalam suatu tatanan ekonomi pasar dalam percaturan perekonomian global dengan berbasis pada kekuatan daerah, sektor usaha, dan hubungan luar negeri.

Berdasar  Undang-undang Nomor 1 Tahun 1987  KADIN adalah wadah Bagi perusahaan Indonesia dan bergerak dalam bidang perekonomian  yang bersifat mandiri. Bukan merupakan organisasi pemerintah dan bukan organisasi politik.

Kadin melakukan sejumlah kegiatan Menyebar luaskan informasi mengenai kebijaksanaan pemerintah di bidang ekonomi , Menyalurkan aspirasi dan kepentingan para pengusaha di bidang perdagangan, Menyelenggarakan pendidikan, latihan, dan kegiatan pengusaha , meningkatkan hubungan dan kerja sama yang saling menunjang dan saling menguntungkan antar pengusaha
, Menyelenggarakan upaya memelihara kerukunan di satu pihak lain dengan mencegah persaingan yang tidak sehat,  Menyelenggarakan promosi dalam dan luar negeri, analisis statistic, dan pusat informasi usaha serta  menyelenggarakan Jasa-jasa baik dalam bentuk pemberian surat keterangan, penengahan, arbitrasi, dan rekomendasi mengenai pengusaha Indonesia, termasuk Legalisasi surat-surat yang diperlukan bagi kelancaran usahanya.

Jogi Tambunan meminta seluruh kepengurusan yang telah dilantik segera membuat program kerja menjalin kerjasama  serta mitra sejajar pemerintah dalam perekonomian khususnya di Dairi. (Hen)