Lokal

Dapat Apresiasi Dari BP- PAUD Sumut, Ny Romy Paparkan Pembelajaran Jarak Jauh

Ny Romy Mariani

Sidikalang- Dairi Pers :            Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-Paud dan Dikmas) Provinsi Sumatera Utara Dr. Hj. Ulfa Maria, M.Pd menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan PAUD Dairi melalui video conference (vidcon) Kamis (2/7). “ Kita mengikuti kegiatan PAUD Dairi dan Dikmas masa pandemik sangat aktif untuk itu kami sampaikan apreasiasi tentunya tetap memperhatikan prtokol kesehatan”

Demikian Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-Paud dan Dikmas) Provinsi Sumatera Utara Dr. Hj. Ulfa Maria, M.Pd kepada Bunda Paud Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu saat dialog interaktif .

“Saya pantau dari media sosial, Bunda Paud Kabupaten Dairi yang sangat aktif untuk turun melakukan pembinaan terhadap anak-anak Paud. Ini sangat luar biasa dan hal seperti inilah yang kami harapkan sehingga pendidikan anak usia dini di seluruh daerah dapat terlaksana dengan baik,” sebut Dr. Hj. Ulfa Maria, M.Pd

Ny Romy Yang didampingi  seluruh Bunda Paud Kecamatan se- Dairi  dan  Himpaudi Dairi yang membahas metode pembelajaran Paud yang dilakukan selama pandemi covid-19. Dalam paparannya mengatakan pembelajaran kurikulum dimasa pandemi covid-19 ini sangatlah penting untuk dipahami bersama di Kabupaten Dairi. Bupati Dairi turut mendukung dengan memberi masukan  melakukan pembentukan pokja pembelajaran jarak jauh dalam jaringan.

Pokja tersebut  terdiri dari Dinas Komunikasi dan Informatika untuk penyediaan jaringan; Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi untuk kurikulum online dan Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Dairi untuk pemanfaatan penggunaan anggaran dana desa.

Dikatakan belum semua PAUD di Dairi mendapat  dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Paud. Oleh karena itu, diharapkan  agar ada kerjasama antara Paud Kabupaten Dairi dengan seluruh Kepala Desa untuk menyisihkan sebagian anggaran dana desa yang akan diperuntukkan bagi keperluan Paud.

Dengan adanya penggunaan anggaran dana desa untuk keperluan Paud maka Dairi siap memulai tahun ajaran baru yang akan dimulai 13 Juli 2020 dengan metode  belajar yang baru baik dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring).

Bunda Paud mencontohkan semisal  dalam kurikulum tentang pembelajaran diriku yang akan berlangsung beberapa minggu untuk memperkenalkan panca indera kepada anak-anak. Bentuknya dibuatkan ke dalam video, kemudian dikirim kepada para orang tua dan para orang tua yang akan membantu melakukan pembelajaran kepada anak-anak mereka,” jelasnya.  

Tutor PAUD  mengunjungi para orang tua ke setiap rumah agar mengajak anaknya masuk ke dalam Paud. “Ini yang menjadi tantangan kita ke depan dan kita carikan cara komunikasi yang baik kepada orang tua. Kita siapkan kurikulum dan kita jelaskan kepada orang tua sehingga pembelajaran dari rumah bersama anak anak dapat berjalan dengan baik,” sebutnya. ( Hen)