Ekonomi

Dairi Terima 15 Ton Benih Bawang Merah Dibagi Untuk 6 Kecamatan

Pemkab Dairi Terima Bantuan Bibit Bawang

Sidikalang –Dairi Pers :  Dairi menerima bantuan benih bawang merah sebanyak 15 ton dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara pada Senin (23/11)  di Kantor Bupati Dairi. Bantuan benih bawang merah tersebut diterima langsung oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu. Bantuan ini selanjutnya dibagikan untuk 6 kecamatan yakni Sidikalang, Parbuluan, Sumbul, Pegagan Hilir, Sitinjo serta Siempat Nempu Hulu

Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu menyebutkan pembagian bantuan benih bawang terkait dengan pemulihan ekonomi nasional (PEN) dikarenakan adanya pandemi covid-19. Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi melakukan pemetaan seluruh komoditi utama di 33 Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara dan dari pemetaan tersebut terlihat daerah mana yang sangat kekurangan akan komoditi pangan dan daerah mana yang kelebihan akan komoditi pangan.

Dairi mendapat bantuan karena  para petani bawang yang sangat tangguh .Selain fokus pertanian pada pengembangan kopi dan jagung, Pemerintah Kabupaten Dairi juga fokus untuk pengembangan bawang merah yang juga mengikuti kebijakan strategi dari Pemerintah Pusat seperti halnya Food Estate yang mengidentifikasi komoditi komoditi yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, namun juga dibutuhkan oleh masyarakat Internasional.

“Kita  ingin Kabupaten Dairi agar menjadi salah satu sentra bawang merah karena proses produksi bawang merah ini sangat cepat dan bagi masyarakat juga sangat cepat untuk perputaran ekonominya,” sebut Bupati.

Kepala Seksi Sertifikasi Benih  Sautdin Sitorus Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara mengatakan terdapat 2 varietas benih bawang merah yang dibagikan untuk Kabupaten Dairi yakni bawang merah varietas maja cipanas dan bawang merah varietas batu ijo.

Pemberian bantuan benih bawang merah ini Ia katakan bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya para petani yang terdampak akibat pandemi covid 19. Dengan pemberian bantuan tersebut, Ia utarakan para petani ataupun kelompok tani yang mendapatkan bantuan minimal akan memberikan stimulus ekonomi bagi pertanian sehingga pertanian tersebut tetap tumbuh produksinya.

Dairi juga mendapatkan bantuan berupa pupuk kandang sebanyak 45 ton, likat fero (perangkap hama) bawang dan pupuk hayati cairi masing masing 15.000 liter. (Hen)