Lokal

Dairi Libatkan 3 PTS untuk Peningkatan PAD

Penandatanganan kerjsama pemkab dan 3 PTS

Sidikalang –Dairi Pers :  Pemkab Dairi  melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan 3 Perguruan Tinggi Swasta (PTS)  di Indonesia, yakni Universitas Katolik (UNIKA) Atma Jaya Jakarta, Universitas Katolik (UNIKA) Santo Thomas Medan dan Universitas HKBP Nommensen Medan untuk mendongkrak peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Dairi pada Selasa (17/11) di ruang rapat Bupati Dairi.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu dengan Rektor UNIKA Santo Thomas Medan Prof. Dr. Drs. Sihol Situngkir, MBA yang turut disaksikan oleh Pendiri Komunitas Rumah Hela yang juga Dosen di UNIKA Atma Jaya Engelbertha EP Silalahi.

Sementara UNIKA Atma Jaya dan Universitas HKBP Nommensen Medan telah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama terlebih dahulu.

Rektor UNIKA Santo Thomas dalam pertemuan tersebut mengatakan UNIKA saat ini sedang dipercaya untuk menjalin kerjasama dalam rangka pengembangan sumber daya manusia yang unggul. Dalam pengembangan sumber daya manusia yang unggul, Rektor UNIKA Santo Thomas mengatakan telah mendirikan Kampung Inggris di Kabupaten Samosir, untuk itu Ia juga mengatakan akan mendirikan Kampung Inggris di kampung halamannya yakni di Kecamatan Silahisabungan. Untuk pengembangan UMKM, Rektor mengatakan siap untuk mendukung dan mengawal Koperasi ataupun UMKM yang ada di Kabupaten Dairi.

Engelbertha EP Silalahi yang juga merupakan isteri dari Anggota DPR RI Hinca Panjaitan mengatakan penandatanganan kerjasama yang akan dilakukan saat ini bersama dengan 3 Universitas belum ada di seluruh Indonesia dimana satu Kabupaten yang di dukung dalam bentuk kerjasama oleh 3 Kampus besar. Kerjasama Pemerintah Kabupaten Dairi dengan 3 Kampus besar tersebut Ia katakan untuk peningkatan Pendapatan Asli daerah (PAD) Kabupaten Dairi melalui pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Target utama kami adalah peningkatan PAD Dairi melalui pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi seperti dalam bentuk penelitian ataupun pelatihan,” ucapnya.

Sementara itu  Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu menginstruksikan kepada Pimpinan OPD agar memeriksa kembali ataupun menyelaraskan rencana rencana program pembangunan yang telah disusun bersama dengan 3 Universitas yang telah menjadi pendukung program pembangunan di Kabupaten Dairi sehingga program pembangunan di tahun 2021 dapat terlaksana dengan baik.

Sedangkan untuk peningkatan PAD, dikatakan  Pemerintah Kabupaten Dairi akan membangun pusat ekonomi baru dan juga pusat wisata di Kecamatan Silahisabungan yang akan dibangun diatas lahan pemerintah.  “Ada lahan pemerintah di Silahisabungan, akan dibangun disana sarana penunjang pariwisata yang mendukung untuk menarik minat wisatawan dalam berkunjung. Sehingga peningkatan PAD Kabupaten Dairi dari sektor wisata akan semakin meningkat juga,” jelasnya (Erikson Sirait)