Ekonomi

Cegah Korupsi Bank Sumut Dan Pemkab Dairi Bimtek CMS KASDA

Suasana Bimtek di BPKAD Dairi

Sidikalang- Dairi Pers : Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017 yang bertujuan mendorong penggunana transaksi non tunai memperkecil korupsi Pemkab Dairi bersama PT Bank Sumut melakukan  sosialisasi dan bimbingan teknis penerapan CMS KASDA non SP2D di lingkungan Pemkab Dairi.

Bimtek dengan menghadirkan sejumlah bendahara SKPD dan staf BPKAD Dairi. Turut hadir dalam Bimtek Pimpinan PT. Bank Sumut Cab. Sidikalang – Efendy Karo-Karo ,Kepala Divisi Dana dan Jasa Bank Sumut Fery Hasibuan, dan Plt BPKAD Dairi Dekman Sitopu.

Plt. Kepala BPKAD Kabupaten Dairi Dekman Sitopu,SE dalam sambutannya mengatakan implementasi transaksi non tunai merupakan salah satu kriteria bagi auditor dalam memeriksa OPD. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017 mendorong daerah untuk melakukan transaksi non tunai. Dan untuk keperluan itu seluruh bendahara pengeluaran SKPD jajaran pemkab Dairi diundang.

Dikatakan Dekman penggunaan dana APBD dapat diimplementasikan melalui transaksi non tunai sebab  transaksi non tunai tersebut merupakan peraturan dari Pemerintah Pusat terkait bagaimana tata kelola keuangan dapat terselenggara dengan baik. Untuk itu disebutkan agar seluruh undangan memanfaatkan Bimtek sebaik mungkin sehingga nantinya implementasi dari Inpres tersebut dapat dilakukan dengan baik di Dairi.

Sementara itu  Pimpinan PT. Bank Sumut Cab. Sidikalang – Efendy Karo-Karo mengatakan bimbingan teknis ini dilakukan guna menggapai hasil pencapaian secara maksimal, CMS KASDA ini memiliki banyak manfaat bagi Pemerintah Kabupaten Dairi.

Memasuki era teknologi 4.0 Pemkab Dairi diharapkan agar lebih siap untuk menyongsong revolusi industri tersebut. Pihaknya menyebutkan CMS KASDA saat ini telah menggunakan aplikasi yang berbasis website sehingga dapat membantu bendahara di setiap OPD di Dairi . Dalam  operasional nantinya akan  mempermudah Pemkab Dairi dalam efisiensi waktu dan tenaga. ( Ipen)

def