Peristiwa

Calon Jenderal “Parsidikalang” Itu Telah Gugur di Papua

Lettu (Inf) Erizal Zuhri Sidabutar " senyum itu tidak kita lihat lagi"

Sidikalang- Dairi Pers : Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar putera dari Rukur Sidabutar yang merupakan salah satu putera terbaik Dairi akhirnya gugur saat melaksanakan tugas ) di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua selasa (17/12). Putera kebanggaan Dairi itu menghembuskan nafas terkahir setelah kontak bersenjata dengan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Distrik Sugapa pimpinan Lekagak Telenggen yang sebelumnya bermarkas di Lanny Jaya.

Dikutip dari kompas Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman melalui rilis pada Rabu (18/12) menyebutkan satgas Gakum TNI bersama Polri sebelumnya beberapa kali mendapat informasi dari warga masyarakat Sugapa bahwa warga masyarakat yang sedang melaksanakan persiapan perayaan Natal mendapat gangguan keamanan berupa intimidasi, kekerasan fisik, perampokan, pemerkosaan dan perampasan serta penjarahan harta benda yang dilakukan oleh KKB.

Satgas Gakkum TNI bersama Polri meningkatkan kegiatan patroli pengamanan di tempat yang diduga menjadi basis kegiatan KKB. Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar tergabung dalam  tim melaksanakan patroli keamanan hingga  terjadi kontak tembak .

Kapolda papua  Irjen Paulus Waterpauw mengatakan kontak tembak  terjadi  Selasa (17/12) sekitar pukul 15.30 WIT . Dua anggota TNI itu tergabung dalam satgas penegakan hukum terluka dan akhirnya gugur . Keduanya  Lettu (Inf) Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky.

Duka Dairi

Gugurnya Lettu (Inf) Erizal Zuhri Sidabutar di Papua membuat kabupaten Dairi berduka. Suasana rumah duka ibunda almarhum di asrama polisi Sidikalang sesak dengan masyrakat sejak selasa (17/12) malam. Keluarga besar polres Dairi turut berduka atas gugurnya Lettu (Inf) Erizal Zuhri Sidabutar.

Pada Rabu (18/12) di balai Budaya Sidikalang Bupati Dairi DR Eddy Berutu sebelum melantik 33 kepala desa mengajak semua undangan yang hasdir untuk mengheningkan cipta sejenak kepada anggota TNI yang gugur di Papua.

Bukan itu saja ucapan duka cita dan rasa kehilangan juga tergambar di hampir semua akun medsos anak Dairi mengucapkan selamat jalan kepada “pria tampan parsidikalang” itu. Karangan bunga ucapan duka cita juga terlihat berjejer sepajang asrama polisi.

Hingga berita ini diturunkan masyrakat terus berdatangan menyampaikan duka cita kepada orang tua almarhum meski jenazah Lettu (Inf) Erizal Zuhri Sidabutar belum tiba di Dairi. Diperkirakan jenazah pria semampai itu akan tiba di Sidikalang kamis subuh.

Keluarga Angkatan

Lettu Inf Erizal Zuhry lahir dari keluarga angkatan . Ayahandanya Aiptu Rukur bekerja sebagai bintara di jajaran Polres Dairi.

Aiptu Rukur Sidabutar merupakan ayah yang sangat beruntung dikaruniai anak yang berhasil .  Lettu Inf Erizal Zuhry Sidabutar yang merupakan anak kedua lulusan Akmil 2011-2015. Anggota TNI dengan pangkat Letnan Satu (Lettu) yang bertugas di Satuan Penanggulangan Teror Kopassus, Jakarta

Anak keempatnya, Letda Inf Prawira Guntara Sidabutar  merupakan lulusan Akmil 2013-2017.Puteranya ini berpangkat  Letnan Dua (Letda) yang ditugaskan di Batalyon Infanteri 509 Kostrad di Jember, Jatim.

Sedang Anak kelima Aiptu Rukur, Letda Mar Rizky Akbar Sidabutar  merupakan lulusan AAL 2015-2019.Putera bungsu itu dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Jakarta pada 16 Juli 2019 . Sedang dari keluarga aalmarhum ada yang bertugas di jajaran pemkab Dairi. (hen)