Lokal

Bupati Semangati Para Guru di SMPN 1 Silahisabungan

Bupati Dairi di SMPN 1 Silahi Sabungan

Silahisabungan- Bupati Dairi, Dr. Eddy Berutu mengunjungi SMPN 1 Silahisabungan, Kamis (14/1/2021). Dalam kunjungan tersebut Bupati menyampaikan bahwa SMPN 1 Silahisabungan adalah sekolah yang berada di kawasan strategis pariwisata nasional. Ini adalah peluang sekaligus tantangan. Maka diperlukan inovasi dalam proses pembelajaran dan pelatihan kepada para siswa.

Bupati  mengharapkan perlu ada perpustakaan digital. Ditengah pandemi, fasilitas perpustakaan digital sangat membantu. Beliau juga menyampaikan solusi lain yang lebih interaktif adalah audio book. Sehingga anak-anak dilatih untuk menerima ilmu dan dapat menyampaikannya ke orang lain.

“Kita harus mendorong minat baca anak-anak, misalkan minatnya tenun atau fashion, ya udah cari aja segala edukasi tentang fashion dari internet. Lama-lama pasti akan haus informasi, maka akan timbul minat untuk mencari lebih lanjut”, ujar Bupati.

“Dulu orang yang mendatangi ilmu pengetahuan, disaat sekarang ini ilmu yang mendatangi orang karena teknologi saat ini memungkinkan hal itu bisa terjadi. Selain itu, Kondisi Covid-19 sekarang membuat semua pihak berada diposisi yang sama, maka hal ini merupakan momentum untuk dapat menggunakan teknologi sebaik-baiknya,” lanjutnya.

Dikatakan metode belajar berubah maka kurikulum juga akan berubah dan cara menyampaikan ke pelajar juga berubah namun harus dilakukan dengan baik dan pastikan para pelajar mengerti apa disampaikan oleh guru.

“Saat ini kita berada di KSPN, untuk itu pastikan kita harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada. Kami juga meminta para guru-guru terus mengembangkan kemampuan dan tetap semangat dalam menjalankan tugas dan menyalurkan ilmu yang dimiliki kepada seluruh pelajar,” harapnya

Kunjungan Bupati Dairi ke SMPN 1 Silahisabungan turut dihadiri Kadis Pendidikan Kabupaten Dairi JW. Purba, Kadis Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dairi, Rahmat Syah Munthe dan Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, Efendi Berutu. (Erikson Sirait)