Olahraga

Bupati Dan Wabup Dairi Tampil “Matching” Buka Kejuaraan Pencak Silat

Bupati dan Wabup Dairi tampil harmonis saat pembukan kejuaran silat di GOR Sidikalang

Sidikalang- Dairi Pers : Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan wakil Bupati Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH tampak harmonis saat pembukaan kejuaran pencak silat Piala Kementerian Agama Ke-2 Kabupaten Dairi di Gedung Olahraga Sidikalang Rabu (22/01) keduanya tampil akrab dengan mengenakan baju putih. Saat Bupati memukul gong tanda dimulainya kejuaraan Wakil Bupati mendampingi dengan tepuk tangan memberikan applaus bersama undangan lainnya.

Dalam kejuaran pencak silat ini juga dilakukan  Pelantikan Pengurus Ikatan Pencak Silat Kabupaten Dairi Tahun 2019-2023 Bupati Dairi dan wakil Bupati menyempatkan diri mengabadikan kebersamaan bersama Ketua IPSI Sumatera Utara Hj. Dahliana serta atlit pencak silat yang akan berlaga.

Ketua IPSI Sumatera Utara Hj. Dahliana dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas dukungan pemkab Dairi sehingga kegiatan tersebut berkelanjutan dan tetap mendapat dukungan dari Pemerintah . Kepada atlit Hj. Dahliana berpesan untuk Berlatih terus karena pertandingan ini disaksikan oleh Bupati langsung dan didukung oleh Wakil Bupati juga, serta ucapan terimakasih yang besar kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi karena telah mendukung dan memprakarsai kegiatan ini. Selamat bertanding junjung tinggi sportifitas, jaga kesehatan, dan jauhi Narkoba” pintanya.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam sambutannya menyebutkan pencak silat  bukan olahraga baru bagi masyarakat Dairi .Secara tradisional seni beladiri pencak silat berkembang turun menurun diajarkan orang tua di Dairi yang disebut dengan Moccak yang mana merupakan seni beladiri tradisional Kabupaten Dairi . “Saya berharap pencak silat dapat digerakkan dan disebarluaskan sampai ke berbagai pelosok di Kabupaten Dairi sebagai sebuah lembaga sekaligus sebagai ekspresi kebudayaan kita, kebudayaan nasional. ” katanya

IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) merupakan induk organisasi resmi Pencak Silat Indonesia dibawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), merupakan salah satu cabang olahraga yang membawa harum nama bangsa Indonesia . Seni beladiri turun temurun dari leluhur  bangsa melayu yang dipraktekkan juga di beberapa negara seperti India dan Brunai.

Dikatakan Pemerintah Kabupaten Dairi mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang besar kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi karena telah memprakarsai dan mendukung acara tersebut untuk kedua kalinya. “Kami terus mengharapkan dukungan dan sinergitas dari berbagai stakeholders khususnya dari IPSI Kabupaten Dairi dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Dairi melalui seni beladiri pencak silat untuk mewujudkan visi kita mewujudkan Dairi Unggul yang Mensejahterakan Masyarakat dalam Harmoni Keberagaman. Suarakan terus dukungan kepada Pemerintah yang sedang bekerja melakukan perubahan, mari proaktif ” sebutnya

“Kalau sudah berilmu dan berisi tetaplah rendah hati, jangan sombong, jadilah penyangga, jadilah penebar persaudaraan dan persatuan di tempat kalian berada. Jauhkan perpecahan galang terus persatuan dan persaudaraan kita” pungkasnya (Ipen)